Advertisement

Airlangga : Cukai Rokok Batal Naik Bikin Rupiah Menguat

Dea 5 11 18 Hot News
Airlangga : Cukai Rokok Batal Naik Bikin Rupiah Menguat

Terasjabar.id - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menanggapi batalnya kenaikan cukai rokok pada tahun depan. Menurutnya, kenaikan cukai rokok ini memiliki banyak dampak positifnya.

Menurut Airlangga, salah satu dampak positif yang dirasakan akibat batalnya kenaikan cukai rokok adalah menguatnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Hal tersebut tidak terlepas respons positif dari pasar sehingga membuat Rupiah menguat.

"Tentu kemarin kan dengan itu efek terhadap market persepsinya bagus. Market naik Rupiah menguat," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Saat ditanya alasan batalnya kenaikan cukai, Airlangga menyebut hal tersebut merupakan keputusan bersama di pemerintahan. Tak ada paksaan sedikit pun dari para pelaku industri mengenai batalnya kenaikan cukai rokok tersebut.

"Sudah ada keputusan, tidak ada kenaikan. Tidak ada (permintaan dari industri)," ucapnya.

Sebagai informasi sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah tidak akan menaikkan cukai rokok pada tahun depan. Kepastikan tidak menaikkan cukai rokok itu dilakukan setelah Presiden Joko Widodo dan Kabinet Kerja menggelar rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, beberapa hari yang lalu.

"Mendengar seluruh evaluasi dan masukan dari sidang kabinet, maka kami memutuskan bahwa untuk cukai (rokok) tahun 2019 tidak akan ada perubahan atau kenaikan cukai," ujar Sri Mulyani.

Mantan Direktur Bank Dunia itu melanjutkan bahwa pemerintah pada tahun depan akan menggunakan tingkat cukai yang ada sampai akhir tahun ini. Adapun target peningkatan cukai itu sebesar 10,04%.

"Kami juga akan menyampaikan skenario atau keputusan untuk penggabungan beberapa kelompok (cukai rokok) juga kita tunda," ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan mengikuti struktur dari kebijakan cukai pada 2018. Ia berharap, pendapatan cukai bisa lebih besar dari target awal yang telah ditentukan tersebut.

"Dalam hal ini kita akan tetap akan mengikuti struktur dari kebijakan cukai tahun 2018, baik dari sisi harga jual, eceran, maupun dari sisi pengelompokannya," tandasnya.

(Sasa/Sumber:Okezone.com)

Related Post

Comment