Advertisement

Gunakan Balon Pengangkat, Bagian Bodi Lion Air Akan Dievakuasi

S.N.A 5 11 18 Hot News
Gunakan Balon Pengangkat, Bagian Bodi Lion Air Akan Dievakuasi

Terasjabar.id - Para penyelam tengah bersiap mengangkat bagian badan pesawat Lion Air dari dasar laut perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Bagian badan pesawat itu diperkirakan berbobot 1,5 hingga 2 ton.

"Hari ini akan diangkat bagian daripada bodi pesawat dan kerangka sayap yang sudah rusak," kata Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada I, Kolonel Laut Oang Sitompul, di LCU Banda Aceh, Senin (5/11/2018).

Belum diketahui seberapa besar bagian bodi pesawat termasuk bagian yang akan diangkat. Yang jelas, bagian badan pesawat itu akan diangkat menggunakan alat khusus yang bisa mengangkat menggunakan kekuatan pengapungan.


"Kita sudah memasang ALB (Air Lifting Bag) di benda tersebut. Ini lagi proses pengapungan," kata Oang Sitompul.

Kepala Seksi Pemeliharaan Fasilitas Penyelaman (Kasiharfaslam) Dislambair Koarmada I Mayor Eddy Stevanus mengatakan berat benda yang akan dievakuasi di bawah permukaan laut itu bisa mencapai 1,5 hingga 2 ton. Bobot seberat itu masih bisa diangkat menggunakan ALB.

"Teknis pengangkatannya akan menggunakan balon pengapungan atau air lifting bag. Yang kita pake ini air lifting bag yang kemampuan angkatnya 5 ton," kata Eddy.


Balon yang dipakai untuk mengangkat benda di dasar laut itu akan dibawa ke dasar laut dalam kondisi kempis. Balon itu dikaitkan ke objek yang akan diangkat, kemudian balon akan diisi udara sehingga akan terangkat ke permukaan laut beserta objek yang akan dievakuasi.

Gunakan Balon Pengangkat, Bagian Bodi Lion Air Akan Dievakuasi
Alat yang digunakan untuk mengevakuasi objek dari dasar lautan.


Kompresor tingkat tinggi akan mengembuskan udara ke balon itu. Udara akan disalurkan via selang dari permukaan air. Udara pengisi balon bisa pula ditambah dari botol tabung udara penyelam.

"Ini kompresor tingkat tinggi akan dipake untik menghembus, jadi pake selang dari permukaan nanti diisi. Atau kalau tidak ada kita akan bisa menggantikannya dengan botol scuba itu. Jadi kita bawa botol tersendiri kita bawa sendiri. Untuk yang 5 ton itu akan menghabiskan botol 3," kata dia.

Gunakan Balon Pengangkat, Bagian Bodi Lion Air Akan Dievakuasi



Tak perlu banyak personel penyelam untuk membawa balon itu ke dasar lautan. "Biasanya dua orang saja sudah cukup, yang penting tahu teknis penurunan bawah itu," kata dia.

Ketebalan lumpur di dasar laut bisa mencapai 1 meter hingga 2,5 meter. Kini penyelam telah membawa balon ke dasar laut.

(Sari/Sumber : Detik.Com)

Related Post

Comment