Advertisement

Senin, 5 November 2018 18:07 WIB

Mau Punya Kuku Bersih dan Sehat? Ikuti 6 Trik Mudah Ini

S.N.A —Teras Health
Mau Punya Kuku Bersih dan Sehat? Ikuti 6 Trik Mudah Ini

Terasjabar.id - Kuku yang bersih dan sehat menambah nilai plus bagi penampilan dan kesehatan.

Tidak perlu perawatan yang mahal, kamu cukup mengikuti tips untuk menjaga kesehatan kuku dengan cara yang simple, namun rutin dan berkelanjutan dilakukan.

Ini tips menjaga kebersihan dan kesehatan kuku, dilansir Hello Sehat.

Memiliki kuku sehat, cantik, dan kuat itu mudah, kok. Asal Anda tepat dan benar dalam merawatnya. Nah, supaya tidak salah dalam merawat kuku, ikuti beberapa aturannya, seperti:

1. Potong kuku seperlunya, jangan berlebihan

Tahukah Anda bahwa kuku menjadi sarang bagi kuman penyebab penyakit? Mulai dari sakit perut, pilek, flu, atau cantengan bisa terjadi jika Anda tidak peduli dengan kebersihan kuku.

Itulah sebabnya memotong kuku itu penting. Selain terlihat lebih rapi, kotoran yang menempel pada kuku juga ikut dibersihkan. Ingat, saat memotong kuku bagian kutikula (lapisan bening yang berada di pangkal kuku) jangan ikut dipotong.

Selain itu, memotongnya jangan sampai terlalu pendek karena jari Anda bisa terluka atau membuat kotoran yang terjebak jadi sulit dibersihkan. Memotong atau mengikir kuku juga sebaiknya tidak dilakukan sehabis mandi atau berendam. Pasalnya, tangan yang cukup lama terkena air membuat kuku mudah robek.

2. Jangan menggigit kuku

Cemas, gelisah, bosan membuat seseorang menggigiti kukunya. Kebiasaan ini bisa membuat kuku jadi rusak teksturnya, bagian ujung kuku tidak rata, bahkan membuat Anda gampang sakit. Jika ingin punya kuku yang bagus, hentikan kebiasaan itu mulai sekarang.

3. Pilih kuku panjang atau pendek

Kuku panjang atau pendek itu pilihan Anda. Asal Anda tahu dan mampu merawatnya dengan baik. Meski terlihat bagus, jika Anda kurang nyaman dengan kuku panjang , sebaiknya pilih kuku pendek. Anda tetapi bisa menghias kuku meski kuku Anda pendek, kok.

4. Pakai pelembap kuku

Siapa bilang pelembap hanya untuk kulit saja? Jangan salah, kuku juga perlu nutrisi penting yang bisa didapatkan dari pelembap khusus kuku. Gel pelembap kuku yang mengandung vitamin E, biolin, dan emolien. Anda bisa mengoleskan pelembap kuku sebelum tidur setelah Anda cuci tangan.

5. Boleh pakai cat kuku, tapi jangan terlalu sering

Menghias kuku dengan kutek kuku gel boleh Anda lakukan. Namun, jangan terlalu sering untuk membiarkan kuku Anda bernapas. Saat membersihkan cat kuku, pilih bahan pembersih yang bebas aseton.

6. Konsumsi makanan bernutrisi

Menjaga kesehatan kuku bukan hanya dari luar tubuh tapi juga dari dalam. Caranya mudah dengan mengonsumsi makanan kaya protein dan vitamin B, seperti telur, ikan salmon, brokoli, ayam, dan bayam. Kedua nutrisi tersebut merangsang pertumbuhan kuku sehingga kuku tidak mudah rapuh.

Cukup mudah bukan cara menjaga dan merawat kuku untuk  menjaga penampilan dan kesehatan tentunya. 

(Sari/Sumber : Suara.Com)





Related Post



Comment