Advertisement

Berkaca Kematian Pretty Asmara, Obesitas Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Ganas Berikut Ini!

Dea 5 11 18 Life Style
 Berkaca Kematian Pretty Asmara, Obesitas Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Ganas Berikut Ini!

Terasjabar.id - Duka datang dari selebriti tanah air, Pretty Asmara dikabarkan meninggal dunia. Kabar duka ini langsung menyebar dan viral di media sosial. Dikabarkan bahwa Pretty Asmara meninggal pada hari ini, Minggu (4/11/2018). Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai sebab kematian selebriti yang memiiki tubuh besar tersebut.

Sebelumnya Pretty Asmara dikabarkan kehilangan berat badannya hingga 21 kg setelah dibui karena kasus narkoba. Ada kemungkinan besar kematian yang terjadi dengan Pretty diakibatkan karena sistem imunnya yang turun secara drastis. Pretty yang tengah menjalani masa tahanan ini harus dirawat di rumah sakit akibat gangguan lambung semasa menjalani masa tahanannya.

Namun, perlu diketahui bahwa memiliki tubuh besar atau obesitas memang beresiko terhadap penyakit. Bahkan penyakis ganas, seperti diabetes, hipertensi atau tekanan darah tinggi dan jantung.

Melansir dari berbagai sumber, Minggu (11/4/2018), mereka yang mengalami obesitas terjadi karena faktor genetika, lingkungan, kondisi medis tertentu, gaya hidup yng buruk dan banyak faktor lain.

Obesitas bukan hanya mengarah pada penambahan berat badan. Tapi juga tinggi akan resiko terkena penyakit yang dapat mengancam jiwa. Sekiranya ada 4 penyakit ganas yang akan menghampiri Anda ketika tubuh sudah mengalami kelebihan berat badan.

Diabetes

Obesitas adalah penyebab utama dari penyakit diabetes tipe 2. Biasanya jenis diabetes ini terjadi pada masa dewasa, namun sekarang ini dapat terjadi juga pada anak-anak. Obesitas dapat menyebabkan resistensi terhadap insulin, hormon yang mengatur gula darah. Kondisi ini dapat menyebabkan resitensi insulin dan gula darah menjadi tingg. Itu sebabnya obesitas secara tidak langsung dapat meningkatkan resiko diabetes.

Tekanan darah tinggi

Obesitas menyebabkan kerja jantung menjadi lebih besar karena harus memompa darah agar terus mengalir ke seluruh tubuh. Lebih banyak darah yang bersirkulasi berarti lebih banyak tekanan pada dinding arteri. Terjadinya tekanan pada dinding arteri ini yang dapat meningkatk tekanan darah. Selain itu, hal ini juga dapat menigkatkan detak jantung dan mengurangi kemampuan tubuh dalam mengangut darah melalui pembuluh.

Jantung

Perlu diketahui bahwa penyakit koroner atau jantung lebih umum terjadi karena adanya endapan lemak di arteri yang memasok darah ke jantung. Arteri yang mengalami penyempitan karena endapan lemak ini dapat mengurangi aliran darah ke jantung dan menyebabkan nyeri dada bahkan serangan jantung mendadak. Pembekuan darah di arteri yang menyempit dapat menyebabkan stroke.

Kanker

Tak bisa disangkal lagi, obesitas meruoakan faktor tinggi terkena berbagai macam penyakit ganas. Salah satunya adalah kanker. Pada wanita, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, yaitu kanker payudara, usus besar, kandungan empedu, bahkan kanker rahim. Bukan hanya pada wanita, pria yang memiliki berat badan lebih juga berisiko terkena kanker usus besar dan kanker prostat.

(Sasa/Sumber:Okezone.com)

Related Post

Comment