Advertisement

Senin, 5 November 2018 17:23 WIB

Apa Kabar Proyek LRT Bandung Raya?

S.N.A —Hot News
Apa Kabar Proyek LRT Bandung Raya?

Terasjabar.id - Rencana pembangunan Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya yang digagas Pemprov Jabar sampai saat ini belum terealisasi. Lalu bagaimana perkembangan proyek tersebut?

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Yerry Yanuar mengungkapkan, saat ini pihaknya masih melakukan revisi tata ruang untuk mengakomodir pembangunan LRT Bandung Raya.

"Kalau dari Provinsi sekarang lagi revisi tata ruang (RTRW Jabar)," katanya, saat ditemui di Kantor Bappeda Jabar, Kota Bandung, Senin (5/11/2018).

Menurut Yerry, revisi tata ruang merupakan satu tahapan penting yang harus dilakukan. Revisi tata ruang ini akan menentukan langkah pembangunan ke depan. Selain itu akan menjadi payung hukum agar proyek tersebut bisa berjalan.

"Karena (revisi tata ruang) ini akan jadi payung kebijakan. Ini kita benahi dulu," katanya.

Selain itu, menurutnya revisi tata ruang ini juga akan menjadi dasar dalam proses penetapan lokasi dan pembebasan lahan untuk proyek tersebut. Sehingga, lanjutnya pembangunan LRT Bandung Raya harus terakomodir dalam RTRW Jabar.

"Masuk dalam RTRW, untuk memudahkan proses penlok (penetapan lokasi) dan lain-lain," ujarnya.

Pembangunan LRT Bandung Raya sudah digagas sejak masa pemerintahan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Beberapa pembahasan telah dilakukan mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat agar proyek ini bisa terealisasi.

Pada Juni 2018 lalu, Pemprov Jabar melakukan penandatanganan kesepakatan bersama pembangunan LRT Bandung Raya dengan Pemkot Bandung, Cimahi, Pemkab Bandung, Sumedang dan Bandung Barat. Ke lima daerah tersebut rencananya akan dilintasi LRT Bandung Raya dengan delapan trase yang disiapkan.

Meliputi jalur pertama Leuwipanjang-Gedebage-Jatinangor, Leuwipanjang-Cimahi-Walini, Leuwipanjang-Soreang, Babakan-Siliwangi-Leuwipanjang, Cimindi-Gedebage, Martadinata-Banjaran, Gedebage-Tegaluar-Majalaya dan Babakan Siliwangi-Lembang-Maribaya.

Selain itu, moda transportasi tersebut juga rencananya akan diintegrasikan dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dimana titik akhirnya berada di wilayah Tegal Luar Kabupaten Bandung.


(Sari/Sumber : Detik.Com)

LRT bandung tak ada meningkatan bandung raya



Related Post



Comment