Advertisement

Senin, 5 November 2018 17:16 WIB

Merdunya Suara Azan Kapolres Cimahi, Imam Masjid Takjub

Epenz —Teras Cimahi
Merdunya Suara Azan Kapolres Cimahi, Imam Masjid Takjub

Terasjabar.id - Ketegasan dan kedisiplinan Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara dalam memimpin anak buahnya tidak diragukan lagi. 

Meski masih muda, kecakapan Rusdy dalam menjalin silaturahmi dengan pejabat daerah seperti Dandim, Bupati, Wali Kota, hingga jajaran di internal Polres Cimahi, patut diacungi jempol.

Kekaguman orang-orang terdekat, kolega, mitra kerja, hingga kalangan jurnalis semakin bertambah, saat melihat kedisiplinan Rusdy dalam menghargai waktu. 

Hal tersebut terlihat di sela-sela kegiatan menghadiri deklarasi pemilu damai yang digelar Aliansi Serikat Buruh Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi di Kampung Bongkok, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, KBB, Kamis (18/10/2018).

Menjelang makan siang ketika waktu salat Zuhur tiba, Rusdy langsung bergegas menuju masjid dan mengambil air wudu. Dia orang pertama yang masuk masjid dan mengumandangkan azan untuk menyerukan panggilan salat. 

Suara Kapolres Cimahi terdengar merdu saat mengumandangkan azan. Seusai menjalankan salat sunah dan ketika jamaah sudah penuh, dia kembali mengumandangkan iqomah tanda salat segera dimulai.

Imam Masjid Atoriku Salam Muhamad Hanafi (42) mengaku, takjub dengan suara merdu kumandang azan yang dilantunkan Rusdy. Semula dia tidak menyangka bahwa yang mengumandangkan azan dan iqomat sebelum salat dimulai adalah Kapolres Cimahi. 

"Oh yang tadi pakai seragam polisi dan mengumandangkan azan itu Pa Kapolres? Gak nyangka suaranya bagus," kata Hanafi seusai menjadi imam salat kepada SINDOnews.

Dia juga sempat bertanya-tanya ketika dalam perjalanan menuju masjid dan mendengar suara kumandang azan. Ini dikarenakan suara itu terdengar merdu dan asing di telinganya. 

Apalagi biasanya ketika siang atau sore hari, dia yang kerap mengumandangkan azan karena jamaah masjid sebagian besar sedang bekerja atau beraktivitas.

"Ya kalau ga ada, orang biasanya saya yang azan. Tadi juga sebenarnya kalau pa polisi berkopeah (Kapolres) itu tidak qomat, saya akan kasih kehormatan untuk menjadi imam salat," tutur dia.

Nandri Prilatama (26), salah seorang jurnalis yang kebetulan sedang meliput kegiatan Kapolres, juga tidak menyangka jika yang azan dan iqomat adalah AKBP Rusdy. Dia pun kagum dengan lantunan suara azan Rusdy karena terdengar merdu. "Kirain yang azan dan iqomat bukan Kapolres. Salut suaranya bagus dan terdengar merdu," kata Nandri.

Sementara itu saat disampaikan bahwa suara azannya merdu, Rusdy hanya tersenyum. Dia menyebutkan jika menjadi yang pertama berkesempatan masuk ke masjid, dia selalu berusaha untuk mengumandangkan azan. 

Hal itu sudah menjadi kebiasaan untuk menyerukan salat berjamaah kepada warga. Ketika ditanya apakah kebiasaan itu juga sering dilakukan di Masjid Polres Cimahi Rusdy mengaku tidak selalu tiap hari.

"Insya allah kalau belum ada yang azan, saya akan azan. Kalau di polres (masjid Mapolres Cimahi) kadang suka ada yang lebih giat dari saya. Kalau lagi di kantor dan disibukan pekerjaan, ketika masuk waktu salat biasanya sudah ada yang azan duluan mengingatkan saya untuk ke masjid," kata Rusdy.


(Hadidena/Sumber: SindoNews)





Related Post



Comment