Advertisement

Jokowi Cerita Negara Lain Mau Tiru Program Dana Desa

Nada 5 11 18 Hot News
Jokowi Cerita Negara Lain Mau Tiru Program Dana Desa

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dana desa yang disalurkan pemerintah dapat menciptakan pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa. Salah satunya melalui kerja sama dengan perusahaan yang dapat menerima atau membeli hasil berbagai produk dari masyarakat desa.

"Ini mulai ditingkatkan, ada inovasi pemberdayaan ekonomi, kalau bisa pemberdayaan ekonomi kerja sama dengan pabrik," ujar Jokowi, dalam keterangan tertulis Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Senin (5/11/2018). 

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa di Tangerang, Minggu (4/11/2018). Menurutnya, melalui kerja sama dengan perusahaan, produk yang dihasilkan masyarakat desa dapat sesuai dengan permintaan pasar.


"Mau panen jagung silakan, tapi ada yang beli enggak? Kalau sudah kerja sama, hasilnya maka dapat terserap, sudah ada pasarnya," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, penyaluran dana desa yang telah dijalankan pemerintah dalam empat tahun ini, telah mampu mengentaskan kemiskinan di tingkat desa dan program ini ingin ditiru oleh negara lain.

"Bank Dunia bilang beberapa negara ingin meniru kita, cara penggunaannya seperti apa? Transfernya seperti apa? Mereka ingin belajar ke kita," papar Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan terkait kerja sama dengan perusahaan untuk memasarkan produk dari desa, telah dijalankan melalui program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

"Sekarang sudah ada di 128 kabupaten dan bekerja sama dengan 68 perusahaan," ujar Eko.

Menurutnya, kerja sama dengan perusahaan akan terus ditingkatkan melalui Prukades, di mana setiap tahunnya ditargetkan bertambah 40 desa yang dapat bekerja sama dengan perusahaan.

"Setiap tahun kita buka 40 di kabupaten," ucap Eko.

Sebagai informasi, Prukades memiliki beragam tujuan, dalam jangka menengah dan panjang, program ini dapat berdampak dalam meningkatkan daya saing desa, mempercepat pemerataan perdesaan, dan menguatkan pembangunan daerah.


(Hadidena/Sumber: Detik.com)

Related Post

Comment