Advertisement

BPBD Kota Cimahi Kekurangan Personel

Nada 5 11 18 Teras Cimahi
BPBD Kota Cimahi Kekurangan Personel

Terasjabar.id - Meski daerah Kota Cimahi masuk dalam kategori level sedang kerawanan bencana, jumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi masih belum ideal, terutama saat menangani kemungkinan terjadinya bencana di musim hujan.


Hingga kini, total personel BPBD Kota Cimahi berjumlah 34 orang, tetapi dalam seharinya yang biasa siaga di lapangan untuk menangani bencana alam seperti banjir, longsor dan pohon tumbang hanya 11 orang.


Menurut Kepala BPBD Kota Cimahi Dani Bastiani mengatakan, jumlah anggota tersebut belum cukup untuk menangani tiga kecamatan yang ada di Kota Cimahi, terlebih jika terjadi bencana secara bersamaan.


"Kalau melihat personel saat ini belum ideal. Saya khawatir kalau ada bencana secara bersamaan karena harus dibagi-bagi, jadi pasti personel tidak cukup untuk menangani bencana yang bersamaan," ujar Dani saat ditemui di Kantornya, Jalan Cihanjuang, Kota Cimahi, Senin (5/10/2018).


Sehingga, kata dia, jika terjadi bencana secara bersamaan atau dalam waktu yang sama seperti pohon tumbang, longsor dan banjir, personel BPBD yang hanya berjumlah 11 orang itu kerap keteteran.


Menurut dia, idealnya personel BPBD Kota Cimahi dalam menganani bencana perharinya harus beranggotakan 30 orang, sehingga jika terjadi bencana secara bersamaan pihaknya tidak kewalahan dalam pembagian tugas.


"Idealnya beranggotakan 30 orang Satgas perharinya atau saat piket 10 orang, sehingga tidak akan kewahalahan dalam pembagian tugas jika terjadi bencana secara bersamaan," kata Dani.


Kendati demikian, pihaknya kerap melibatkan beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk mangantisipasi kekurangan anggota di lapangan seperti petugas Damkar.


"Sehingga untuk menangani bencana saat musim hujan, sejauh ini masih bisa kita tangani dan tidak ada kendala apapun," katanya.


Berdasarkan data dari BPBD Kota Cimahi, dalam sepekan terakhir di Kota Cimahi telah terjadi dua kejadian pohon tumbang di Padasuka, banjir di kawasan Melong, dan Longsor di kawasan Cipageran.


Atas kejadian tersebut BPBD Kota Cimahi berkoordinasi bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pemadam Kebakaran dan Satpol PP dalam menanganinya.


(Hadidena/Sumber: Tribun Jabar)

Related Post

Comment