Advertisement

KNKT Tak Akan Berhenti Cari CVR Lion Air

Dea 5 11 18 Hot News
KNKT Tak Akan Berhenti Cari CVR Lion Air

Terasjabar.id - Komite Keselamatan Nasional Transportasi (KNKT) tak akan berhenti mencari salah satu bagian dari kotak hitam (blackbox) pesawat Lion Air PK-LQP, yakni Cockpit Voice Recorder (CVR).

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono memastikan lembaganya tak akan berhenti untuk mencari CVR meski ada kesulitan.

"Saya enggak mau kalau CVR enggak ditemukan. Saya masih berusaha, kesulitan itu saya enggak anggap (hambatan) itu, itu tantangan," ujar Soerjanto di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11/2018).

"Saya belum bisa memastikan (waktuny tapi akan saya cari terus sampai dapat," imbuhnya.

Diakui Soerjanto, sinyal dari CVR sudah tak lagi terdengar melalui alat pink locator. Bilapun Basarnas berhenti untuk mencari CVR itu, KNKT tetap akan mencarinya.

Ia beralasan CVR merupakan temuan terpenting bagi KNKT guna menginvestigasi penyebab kecelakaan pesawat dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh pada Senin 29 Oktober 2018.

"Ya sekarang pun kita sudah tak mendengar sinyalnya jadi dengan metode apa pun kita akan cari CVR itu. Nanti meski Basarnas berhenti kami akan cari CVR karena paling penting yang msh kita cari CVR" tegasnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan sinyal dari CVR sudah melemah. Basarnas memperkirakan benda tersebut terpendam di dalam lumpur sehingga sulit untuk bisa mencarinya.

"Kemarin itu ping-ping berbunyi tetapi lemah sudah, kita selami ke daerah yang diperkirakan adanya ping tersebut tetapi ternyata di situ lumpur atau pasirnya cukup dalam sehingga ini perlu dicari terus sampai ketemu," pungkas Syaugi.

(Sasa/Sumber:Okezone.com)

Related Post

Comment