Advertisement

Petugas Angkat Beberapa Bagian Pesawat Lion Air PK-LQP Hari Ini

Admin B 5 11 18 Hot News
Petugas Angkat Beberapa Bagian Pesawat Lion Air PK-LQP Hari Ini

Terasjabar.id- Proses evakuasi Lion Air PK-LQP yang jatuh di perariran Karawang, Jawa Barat, terus digencarkan. Petugas akan mengangkut beberapa bagian pesawat hari ini.

"Kemungkinan hari ini akan dilaksanakan pengangkatan beberapa bagian besawat," ujar Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho di JICT 2, Priok, Jakarta Utara, Senin (5/11/2018).

Pernyataan Agung menjawab pertanyaan soal kemungkinan pengangkutan badan pesawat yang sudah terdeteksi. Agung menyebut tim akan mengangkut beberapa bagian pesawat hari ini.

"Memang kemarin sudah terlanjur sore ya, malam, karena memang kita juga melihat faktor keamanan. Mungkin hari ini akan dioptimalkan," tegas Agung.

Ada 3 kapal dari Angkatan Laut yang dikerahkan untuk proses evakuasi. Masing-masing kapal punya tugasnya masing-masing.

"Sekarang sementara dari Angkatan Laut ada tiga, KRI Rigel, KRI Lemadang dan KRI Tenggiri. Rigel masih melaksanakan prosesi pencarian dengan deteksi bawah laut, kemudian Lemadang dan KRI Tenggiri melaksanakan proses pencarian di atas permukaan laut dan semestara untuk para penyelam, beberapa personel berangkat dari Tanjung Priok dan juga posko yang sudah dari awal memang di Tanjungpakis," katanya.

"Itu kan di Tanjungpakis kan ada Komando Pasukan Katak Armada I, kemudian Taifib Marinir dan juga Denjaka. Mereka stay di sana sehingga seluruhnya secara bersama-sama bergerak. Yang dari JICT bergerak, kemudian yang dari penyelam dengan menggunakan unit-unit Sea Rider juga bergerak dari Tanjungpakis. Jadi ini secara paralel bergerak bersama- sama," ucap Agung.

Sebelumnya diberitakan, tim SAR gabungan berhasil mendeteksi pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa barat. Basarnas akan berupaya untuk mengangkut badan pesawat tersebut.

"Ya, kita cari alat yang untuk ini, bangkai pesawat nggak mungkin rapuh, kan bangkai pesawat besi," kata Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Nugroho Budi Wiryanto, di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (3/11).

(Nada/Sumber:detik.com)

Related Post

Comment