Advertisement

Selasa, 20 Agustus 2019 10:00 WIB

Pemerintah Pikirkan Daur Ulang Limbah Baterai Mobil Listrik

Putri Sulastri —Hot News
Pemerintah Pikirkan Daur Ulang Limbah Baterai Mobil Listrik
Terasjabar.id- Pemerintah mulai mendukung penggunaan kendaraan listrik. Namun, masalah kendaraan listrik saat ini adalah limbah baterainya yang kalau tidak ditangani dengan baik bisa menjadi limbah berbahaya.
Pemerintah pun memikirkan soal daur ulang limbah baterai kendaraan listrik. Dalam siaran pers Kementerian Perindustrian (Kemenperin) disebutkan, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung, salah satu unit kerja di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, sedang melakukan penelitian terkait daur ulang limbah baterai ion lithium.


"Nanti hasilnya diharapkan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi potensi permasalahan lingkungan atas baterai kendaraan listrik di masa depan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara, seperti tertulis dalam siaran persnya.

Menurut Ngakan, ini merupakan pemanfaatan Patent Mapping. Patent Mapping adalah suatu metode untuk melakukan identifikasi dan pemetaan teknologi yang sedang berkembang melalui pengolahan dan pemanfaatan database paten di seluruh negara anggota World Intellectual Property Organization (WIPO). Kata dia, salah satu pemanfaatan Patent Mapping tools ini, misalnya untuk melakukan identifikasi dan pemetaan perkembangan teknologi daur ulang baterai di berbagai negara.


Menurut Ngakan, pengembangan kendaraan listrik 60% kuncinya ada pada baterai dan bahan untuk membuat baterai. Dalam perkembangannya, kata Ngakan, perlu dipertimbangkan tata kelola penggunaan baterai dari kendaraan listrik.

"Agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan terhadap lingkungan," tuturnya.

Apalagi, lanjutnya, pemerintah telah menerbitkan regulasi untuk menstimulus percepatan pengembangan produksi kendaraan listrik di dalam negeri. Ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. 

Simak Video "Perpres Kendaraan Listrik Siap, Jokowi Tinggal Tanda Tangan"

(Detik.com)




Related Post


 


Comment