Advertisement

Pendemo Google Tembus 20 Ribu Orang

Admin B 5 11 18 Hot News
Pendemo Google Tembus 20 Ribu Orang

Terasjabar.id- Jika pada awalnya disebut hanya 1.500 orang yang akan ikut serta dalam demo Google Walkout, ternyata pesertanya menembus jadi 20 ribu orang.

Puluhan ribu pendemo itu terdiri dari para karyawan Google serta karyawan kontrak Google secara global. Mereka memprotes langkah yang diambil raksasa pencarian internet itu terhadap para eksekutifnya yang diduga melakukan pelecehan seks.

Jumlah karyawan Google per 30 September 2018 lalu tercatat ada 94.372 orang, baik yang pekerja tetap maupun kontrak, secara global. Ini artinya lebih dari 20% di antaranya ikut dalam aksi demo tersebut.

Demonstrasi ini dipicu oleh laporan New York Times yang mengungkap sejumlah informasi anyar terkait berbagai kasus pelecehan seks di lingkungan karyawan Google. Yang paling mengejutkan tentunya kasus bapak Android Andy Rubin, yang ditulis sudah terbukti melakukan pelecehan seks, namun malah mendapat pesangon besar saat ia mengundurkan diri.

"Kami selalu dikenal sebagai perusahaan pelopor, jika kami tak mengambil langkah ini, perusahaan lain juga tak akan melakukannya," ujar seorang inisiator aksi Google Walkout yang tak disebut namanya.

Aksi Google Walkout ini tak cuma dilakukan di Amerika Serikat, melainkan juga di berbagai kantor Google di seluruh dunia, seperti Australia, Brazil, Kanada, Jerman, India, Irlandia, Jepang, Belanda, Filipina, Singapura, Inggris, dan Swiss.

Selain mengklaim demonya diikuti oleh 20 ribu orang, pihak inisiator aksi juga menyebut CEO Google Sundar Pichai sudah setuju untuk menemui mereka terkait lima tuntutan yang sebelumnya diajukan.

Tuntutan tersebut adalah:

1. Mengakhiri pemaksaan arbitrasi pada kasus diskriminasi dan pelecehan.
2. Komitmen untuk mengakhiri ketidakadilan jumlah gaji dan kesempatan.
3. Mengungkap kasus pelecehan seks secara transparan ke publik.
4. Adanya proses yang jelas, seragam, dan inklusif untuk pelaporan pelecehan seks yang aman dan anonim.
5. Chief Diversity Officer bisa melapor langsung ke CEO dan memberi rekomendasi langsung ke dewan direksi. Lalu harus ada perwakilan karyawan di dewan direksi.

(Nada/Sumber:detik.com)

Related Post

Comment