Advertisement

Senin, 19 Agustus 2019 16:08 WIB

PNS Tak Naik Gaji Tahun Depan, BKN: Masih Ada Gaji ke-13 dan THR

Muhammad Fauzi Fikri —Hot News
PNS Tak Naik Gaji Tahun Depan, BKN: Masih Ada Gaji ke-13 dan THR

Terasjabar.id - Pemerintah memastikan tak akan ada kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun depan. Hal ini sendiri sebenarnya sudah tercantum dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, meski tidak ada kenaikan gaji, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipastikan tetap mendapatkan gaji ke-13 dan juga Tunjangan Hari Raya (THR) atau gaji ke-14. Kedua hal tersebut diberikan untuk memastikan kesejahteraan pegawai negara.

"Gaji (PNS) kan di APBN enggak naik, tapi tetap ada tunjangan ke-13 dan ke-14," kata dia di Gedung Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Menurut dia, langkah ini akan menjadi tepat apabila pemerintah dapat menjaga angka inflasi. Dengan begitu, gaji PNS tidak tergerus oleh inflasi.

"Kalau pemerintah bisa menutup gaji pokok PNS yang tergerus inflasi kan akan lebih baik lagi," ujarnya.

Meskipun begitu, Bima menjelaskan jika kenaikan gaji PNS harus dilakukan, besarannya harus disesuaikan dengan angka inflasi.

"Tapi kan kita juga sebagai abdi negara juga harus memahami beban fiskal yang ditanggung negara. Pajaknya seperti apa perubahan-perubahan seperti apa kita lebih mendahulukan masyarakat lah dari pada PNS sendiri," tuturnya.

Sebagai infromasi, Presiden Joko Widodo dalam pembacaan nota keuangannya memastikan bahwa tidak ada anggaran untuk kenaikan gaji PNS tahun depan.



(iNews.id)





Related Post



Comment