Advertisement

Senin, 19 Agustus 2019 13:29 WIB

Fadli Zon Minta Pemerintah Cepat Atasi Situasi Manokwari

Widia Sulistya —Pendidikan
Fadli Zon Minta Pemerintah Cepat Atasi Situasi Manokwari

Terasjabar.id - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengimbau pemerintah mengambil langkah cepat dan tepat untuk mengatasi aksi demonstrasi disertai kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat. Menurutnya, kedua hal itu harus diperhatikan karena isu di Papua merupakan hal yang sensitif.

"Pemerintah harus bisa cepat menangani ini, karena kan Papua ini isu sensitif ya. Dari sejak dulu kami ingin harus ada penanganan yang cepat dan tepat," ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/8).

Fadli menuturkan kecepatan dan ketepatan pemerintah dalam mengambil sikap atas situasi di Papua, khususnya di Manokwari merupakan hal yang penting. Sebab persoalan di Papua akan meluas jika pemerintah tidak bijak dalam bertindak.

Selain dari sisi internal, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mendorong pemerintah untuk menguatkan diplomasi dengan dunia internasional dalam mengatasi persoalan di Papua. Ia menyarankan pemerintah secara jujur menjelaskan situasi sebenarnya yang terjadi di Papua.

"Jadi diplomasi kita ke dunia internasional juga harus kuat di dalam menjelaskan ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Fadli berkata pemerintah juga harus menaruh perhatian serius dalam penegakan hukum di Papua. Ia menginginkan pemerintah menciptakan keadilan bagi semua pihak.

Khusus penegakan hukum terkait separatisme di Papua, ia menyarankan pemerintah menggunakan pendekatan yang bijaksana. Sebab, ia menyebut separatisme di Papua sangat membahayakan jika salah dalam mengambil kebijakan atau didiamkam oleh pemerintah.

"Karena itulah saya kira yang selalu saya sampaikan, bahwa ikatan dari bangsa kita karena kesamanaan, nasib, dan cita-cita. Tapi kalau sudah tidak ada keadilan ekonomi, keadilan sosial, itu membahayakan," ujar Fadli.

"Jadi pendekatan terhadap berbagai macam masalah, baik itu separatisme maupun menyangkut SARA perlu ada kehati-hatian," ujarnya.

Di sisi lain, Fadli mengingatkan semua pihak tidak melakukan tindakan yang bermuatan SARA. Sebagai negara paling toleran, Indonesia memberi kesempatan yang sama kepada semua warganya untuk memperoleh haknya.

Lebih dari itu, ia mengajak para tokoh atau pihak yang memiliki pengaruh untuk duduk bersama dalam mencari solusi menyelesaikan persoalan di Papua.

"Jangan membiarkan berlarut-larut terutama mereka yang menjadi influencer atau tokoh berpengaruh harus duduk bersama menenangkan supaya ini tidak merembet dan menjadi bola salju," ujar Fadli.

Sebelumnya, sejumlah massa membakar Kantor DPRD Provinsi Papua Barat saat tengah menggelar aksi di Manokwari. Sejumlah fasilitas juga ikut dibakar dalam gelombang aksi yang digelar merespons situasi di Surabaya.

(cnnindonesia.com)





Related Post



Comment