Advertisement

Minggu, 18 Agustus 2019 09:40 WIB

Selain Mobil Presiden Jokowi, Ada Dua Lagi di HUT Kemerdekaan RI ke-74

Widia Sulistya —Hot News
Selain Mobil Presiden Jokowi, Ada Dua Lagi di HUT Kemerdekaan RI ke-74

Terasjabar.id - Saat menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan NKRI ke-74 (17/8/2019), Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir mengendarai Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Limousine menuju Istana Merdeka di Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Uniknya, selain Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Limousine, di lokasi Kompleks Istana Kepresidenan juga diparkir dua unit mobil kepresidenan era Presiden Soeharto.

Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden menyatakan bahwa pihaknya mengeluarkan koleksi mobil kepresidenan bagi para undangan yang ingin berfoto dan menambah pengetahuan masyarakat terhadap kendaraan kepresidenan.

Mobil presiden sebelum era Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Merdeka [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh].
Mobil presiden sebelum era Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Merdeka [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh].

Kedua mobil itu diberi keterangan "Tamu Negara" dan "Indonesia 1", langsung menjadi spot para undangan yang menghadiri upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Tahun ini kami sajikan dua mobil saja, masih ada di gudang beberapa kendaraan, akan tetapi tahun ini kami pajang dua sehingga ada hiburan bagi undangan yang bisa melihat sambil berfoto-foto lihat," jelas Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan.

Dua unit mobil kepresidenan yang dipajang adalah sedan Cadillac Fleetwood Broughamlansiran 1980. Heru Budi Hartono menuturkan bahwa dua mobil produksi General Motors itu digunakan Presiden Soeharto di rentang waktu mulai 1987 hingga 1990, juga pernah dipakai untuk tamu-tamu kenegaraan.

"Jadi yang pakai mobil ini presiden pada masa itu," tukasnya, seraya menambahkan bahwa si kedua unit mobil khusus dipesan pemerintah Indonesia.

Kedua unit mobil tadi juga sempat masuk ke bengkel sejak era Presiden Megawati Soekarnoputri.

"Ini masih bisa jalan, masih bisa dipakai kalau mau bisa dicoba keliling," tandasnya.

Sebagai catatan, spesifikasi Cadillac Fleetwood Brougham produksi General Motors masuk kelas full-size luxury car, diproduksi dalam bentuk 4-door sedan dan 2-door coupe, masih bersaudari dengan Cadillac De Ville, Buick Electra, serta Oldsmobile 98. Untuk versi 1980, bermesin bensin V6 kapasitas 4.1 L penghasil tenaga puncak 15 daya kuda. Sedangkan versi 1987 mengandalkan mesin bensin V8 kapasitas 5.0 L bertenaga puncak 140 daya kuda.

(suara.com)





Related Post



Comment