Advertisement

Jumat, 16 Agustus 2019 15:22 WIB

Terjebak Kerusuhan saat Traveling? Simak Tips Agar Tetap Aman

Widia Sulistya —Hot News
Terjebak Kerusuhan saat Traveling? Simak Tips Agar Tetap Aman

Terasjabar.id - Belakangan ini, kabar mengenai kerusuhan massa di Hongkong tengah ramai menghiasi media. Bahkan, akibat kerusahan yang ada, bandara Hongkong dikabarkan tutup selama dua hari sementara banyak travelers ikut terjebak.

Bicara soal kerusuhan massa, tentunya tidak ada travelers yang ingin terjebak di dalamnya saat sedang liburan.

Meski begitu, terlepas dari imbauan perjalanan dan peringatan yang dikeluarkan pemerintah, travelers tetap harus siap siaga dalam menghadapi situasi tak terduga.

"Kau tidak mau kehilangan ketenanganmu, dan kau tidak mau perhatianmu teralih," ujar Michael Brein, psikolog khusus travel seperti dilansir dari LA Times.

Maka, bagi traveler yang tengah berada di bandara saat kerusuhan, Michael Brein pun memberikan tips traveling agar lekas mencari tempat aman seperti di belakang konter tiket atau kursi.

Ilustrasi Kerusuhan Massa (Pixabay)
Ilustrasi Kerusuhan Massa (Pixabay)

Sementara, menurut asisten profesor psikologi Avishek Adhikari, ikut panik saat kerusuhan terjadi hanya akan memperparah situasi.

"Berbahaya untuk ikut merasa panik akan masalah yang ada," kata Adhikari. "Jika Anda takut, cobalah untuk melakukan aktivitas lain untuk mengalihkan pikiran."

Langkah yang disarankan adalah menelepon teman atau keluarga. Selain itu, lakukan juga latihan pernapasan agar pikiran tetap jernih dan waspada terhadap ancaman.

Namun, yang terpenting, turis harus tahu caranya agar tidak disangka sebagai bagian dari demonstran atau kerusuhan.

Untuk itu, travelers sebisa mungkin diminta untuk menghindari kontak dengan warga lokal, baik secara fisik maupun kontak mata.

Selain itu, travelers juga diminta agar tidak berlari saat menghindari kerumunan karena hal tersebut akan membuat mereka terlihat seperti target.

(suara.com)

Kerusuhan saat Traveling Simak Tips Agar Tetap Aman



Related Post



Comment