Advertisement

Jumat, 16 Agustus 2019 10:34 WIB

Jokowi: Ego Lembaga Harus Diruntuhkan!

Muhammad Fauzi Fikri —Pendidikan
Jokowi: Ego Lembaga Harus Diruntuhkan!

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta lembaga-lembaga negara meninggalkan ego sektoral. Kolaborasi harus dikedepankan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Jokowi awalnya bicara soal semangat bersatu untuk kemajuan. 

"Bersatu untuk mencapai satu tujuan, bersatu untuk maju bergerak di jalan perubahan, serta bersatu dengan penuh
optimisme menatap masa depan," kata Jokowi. 


Jokowi mengatakan saat ini bangsa kita menghadapi tantangan yang berbeda, dunia berubah dengan sangat cepat. Meski demikian, persatuan dan persaudaraan tetap yang utama. 

"Kita masuk dalam era kompetisi antarnegara yang semakin sengit. Akan tetapi, kita tidak boleh berhenti berkreasi dan berinovasi," ungkapnya. 

Dia mengingatkan pada lembaga negara bahwa check and balances antarlembaga sangat penting tapi tetap harus berada dalam bingkai yang sama yaitu visi besar Indonesia Maju. Dalam bingkai yang sama, Jokowi yakin Indonesia makin solid dan terdepan di kompetisi global. 

"Pencapaian visi besar harus kita percepat. Tidak ada jalan lain bagi kita semua, selain meninggalkan cara-cara lama dan beradaptasi dengan cara-cara baru. Kita butuh terobosan-terobosan baru untuk menjawab harapan rakyat yang makin meningkat. Kita butuh lompatan-lompatan kemajuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kecintaan rakyat," papar Jokowi. 


Terakhir, Jokowi mengingatkan agar sesama lembaga negara berkolaborasi. Dia meminta tidak ada ego antarlembaga. 

"Untuk menjadi kuat, kita tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri. Ego lembaga harus diruntuhkan, sehingga karya-karya baru dapat diciptakan bersama-sama," ucap Jokowi.

"Ego sektoral yang terkotak-kotak sudah tidak relevan lagi dan harus ditinggalkan. Kolaborasi dan sinergi antarlembaga harus ditingkatkan," pungkasnya.



(detik.com)





Related Post



Comment