Advertisement

Jumat, 16 Agustus 2019 08:34 WIB

Fakta-Fakta Menarik Seputar Kepribadian

Muhammad Fauzi Fikri —0
Fakta-Fakta Menarik Seputar Kepribadian

Terasjabar.id -Setiap orang memiliki kepribadian yang menjadi ciri khas tersendiri. Karakter tersebut dapat terlihat dari perilaku, interaksi dengan orang lain hingga cara memecahkan masalah.

Kepribadian yang umum antaranya adalah ekstrovert dan introvert. Mereka yang ekstrovert umumnya mudah beradaptasi, spontan, dan senang menjadi pusat perhatian. Sebaliknya, introvert lebih pendiam, pemalu dan mungkin lebih senang berada di tempat tenang. Mereka senang merefleksi diri dan memproses sesuatu lebih lama.

Hal yang memengaruhi kepribadian

Mengutip WebMD, efek terbesar yang memengaruhi kepribadian adalah pengalaman hidup, pendidikan, dan banyak hal unik lain. Genetik yang diturunkan dari orang tua lebih berpengaruh daripada gaya pengasuhan ayah dan ibu.

Jumlah orang pemalu di dunia: 20 persen

Jumlah mereka yang pemalu di seluruh dunia sebesar 20 persen. Bagi orang introvert, perlu waktu untuk merasa nyaman dengan orang baru atau situasi berbeda. Agar dapat lebih mudah beradaptasi, latih diri dengan obrolan ringan sebelum Anda bertemu orang baru.

Kepribadian dapat dideteksi lewat aroma tubuh

Mereka yang sering cemas atau marah mungkin mengeluarkan cairan tubuh lebih banyak, seperti keringat. Ini dapat memengaruhi bakteri penyebab bau badan. Sehingga aroma tubuh alami mereka mungkin berbeda dari seseorang yang lebih santai. Pada sebagian orang, perbedaan ini cukup nyata sehingga dapat dikenali orang lain di sekitarnya.

Kepribadian dinamis sepanjang usia

Sebagai orang dewasa, kepribadian Anda mungkin sedikit berbeda dari ketika Anda masih kecil, dan itu hal yang wajar. Kebanyakan orang berubah memiliki kepribadian yang lebih baik.

Satu studi menemukan semakin dewasa kita menjadi lebih hangat, lebih bermanfaat, dan lebih menyenangkan. Bagi kebanyakan orang, ini dimulai pada usia 30-an dan berlanjut hingga usia 60-an.

Otak pengendali kepribadian sama dengan pemecahan masalah

Lobus frontal yang terletak di belakang dahi memiliki banyak fungsi. Area otak ini membantu Anda merencanakan, mengatur, dan memecahkan masalah, serta mengendalikan sebagian besar kepribadian. Cidera pada bagian otak ini dapat mengubah cara Anda berpikir, merasakan, dan berperilaku.

Di beberapa budaya, kepribadian dikaitkan dengan golongan darah

Selama tahun 1930-an, ciri-ciri kepribadian yang cocok dengan golongan darah populer di Jepang dan menyebar ke dunia. Orang dengan darah tipe O dianggap memiliki kepercayaan diri dan lebih fleksibel, sifat-sifat seorang pemimpin yang baik. Golongan darah A berarti seseorang yang berjiwa tenang yang ingin menjaga kedamaian. Walau pun tidak ada bukti ilmiah, sebagian orang masih memercayai dan menggunakannya.

Gangguan kepribadian

Salah satu gangguan kepribadian yang umum adalah narsisme. Orang dengan gangguan kepribadian narsisistik berpikir mereka lebih baik daripada orang lain dan pantas mendapatkan pengakuan khusus. Mereka tidak memikirkan perasaan orang-orang di sekitar mereka, dan sulit menerima kritik. Genetika, trauma masa kecil, dan pelecehan verbal dianggap memainkan peran dalam gangguan kepribadian.

Kepribadian memengaruhi kesehatan

Jika Anda tipe introvert yang cenderung memikirkan segala sesuatu sebelum melakukannya, Anda akan lebih hati-hati termasuk dalam kebiasaan sehat. Umumnya, mereka dengan kesadaran lebih mempertimbangkan banyak hal mulai dari makanan yang Anda makan dan aktif secara fisik. Tipe kepribadian ini juga kecil kemungkinan terlibat penyalahgunaan alkohol atau narkoba.



(linetoday.com)





Related Post



Comment