Advertisement

4 Fakta Cetirizine, Obat yang Disalahgunakan untuk Tidurkan Bayi

4 Fakta Cetirizine, Obat yang Disalahgunakan untuk Tidurkan Bayi
Editor: S.N.A Hot News —Kamis, 15 Agustus 2019 17:09 WIB

Terajabar.id - Obat cetirizine atau obat anti-alergi baru-baru ini menjadi viral lantaran digunakan seorang asisten rumah tangga (ART) untuk membuat bayi yang dijaganya tertidur pulas dalam waktu lama dengan mencampur ke dalam susu.

Dilansir dari Detik.com, Bayi yang meminum susu bercampur cetirizine itu pun tertidur sejak malam hingga pagi hari tanpa terbangun. Padahal seperti yang kita tahu, seorang bayi tidak tidur dalam waktu yang lama.

"Nggak bangun minta susu cek pempersnya pun nggak penuh, berisik pun nggak bangun," ujar sang ibu, Vierza Belinna kepada detikHealth, Kamis (15/8/2019).

Cetirizine sebenarnya obat apa sih? Berikut empat fakta yang harus diketahui soal obat itu.

1. Obat anti-alergi

Dikutip dari WebMD, cetirizine merupakan obat antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi, seperti mata berair, pilek, mata atau hidung gatal, bersin, dan gatal-gatal. Obat ini bekerja dengan menghalangi zat alami yang disebut histamin selama reaksi alergi.

2. Efek samping mengantuk

Menurut dokter anak RSUD Pasar Rebo dr Arifianto, SpA, cetirizine memiliki efek samping mengantuk setelah dikonsumsi. "Tidak berarti efek samping itu hanya muncul pada dosis berlebih atau overdosis. Pada yang (dosisnya) tepat pun efek samping bisa tetap ada," ujarnya seperti dilansir dari detikHealth, Kamis (15/8/2019).

Selain mengantuk, efek samping Cetirizine yang lain antara lain pusing, sakit kepala, sampai sakit perut. Pemberian obat disebut aman jika sesuai indikasi, dosisnya tepat, dan yang terpenting harus sesuai resep dokter.


3. Harus dengan resep dokter

Obat cetirizine digunakan untuk menekan reaksi alergi di tubuh. dr Arifianto pun menegaskan bahwa penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter dan sesuai dengan indikasi.

"Obat itu aman apabila diberikan, satu jika sesuai indikasi, dua tepat dosisnya, yg ketiga jadi obat cetirizine itu kan harus sesuai resep dokter, jadi tidak boleh dibeli sendiri, harus dengan resep dokter. Bisa memenuhi 3 kriteria tersebut, ya dikatakan obat itu harus digunakan," jelas dokter yang disapa Apin itu.

4. Tidak boleh untuk anak usia di bawah 6 bulan

Dikutip dari drugs.com, usia termuda yang boleh mengonsumsi obat cetirizine ini adalah 6 bulan hingga orang dewasa. dr Apin pun menegaskan bahwa obat ini tidak boleh diberikan pada bayi yang tidak memiliki indikasi atau tidak disarankan oleh dokter. Apalagi untuk membuat bayi tidur.

"Tidak boleh. Tidak boleh menambahkan atau memberikan efek samping atau efek mengantuk pada bayi cuma karena bayi itu rewel," tegasnya.

4 Fakta Cetirizine Obat yang Disalahgunakan untuk Tidurkan Bayi


Related Post


 


Loading...