Advertisement

Kamu Harus Tau Guys! Ini Cara Agar Berat Badan Kamu Tetap Ideal

S.N.A 4 11 18 Teras Health
Kamu Harus Tau Guys! Ini Cara Agar Berat Badan Kamu Tetap Ideal

Terasjabar.id - Memiliki berat badan ideal bukan hanya sekadar untuk mempercantik tampilan, tapi juga menjaga kesehatan. Demi mengatur berat badan agar tetap ideal ada beberapa hal yang harus diperhatikan.


Salah satunya adalah memperhatikan asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, mengatakan yang harus ditanamkan dalam mengatur berat badan adalah niat. 

Ia menganjurkan agar mencari alasan yang kuat kenapa ingin menurunkan berat badan, misalnya ingin lebih hidup sehat terhindar dari berbagai penyakit.

"Kedua atur asupan kalori yang masuk. Rata-rata kalori yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan adalah 1200-1300 kcal/hari. Ketiga, lakukan gaya hidup yang sehat dengan berolah raga minimal 30 menit sehari," ujar dr. Muliaman kepada detikHealth, Selasa (30/10/2018).

Sementara untuk mengatur jadwal makan, dr. Muliaman mengingatkan agar disesuaikan kondisi tubuh. Apalagi bagi yang punya keluhan lambung, tapi ingin diet. 

"Biasanya bisa diakali dengan frekuensi yang sering, tapi yang paling penting adalah jumlah kalori yang masuk yaitu sekitar 1250 kcal. Misalnya pada pagi hari sampai siang sekitar 320 kcal, dan siang sampai sore 600 kcal dan malam 330 kcal," katanya. 

Setelah mengetahui jumlah kcal yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah memilih asupan yang mengandung nutrisi tersebut. 

"Seperti 320 kcal pada pagi-siang hari. Misalnya pagi hari konsumsi susu, satu potong roti, dan buah. Kemudian pada siang hari 600 kcal, bisa dengan makan siang biasa seperti nasi dengan sayur dan 1 hingga 2 lauk, tanpa banyak lemak dan santan serta tidak digoreng. Malam hari bisa konsumsi snack sehat, susu, dan 1 potong buah," jelasnya.

Diet yang sehat, lanjut. dr. Muliaman, adalah mengonsumsi asupan yang kalorinya terukur, tinggi protein, rendah lemak, tinggi serat, rendah gula, dan tinggi kalsium. Semua nutrisi tersebut sebenarnya bisa didapatkan dari food replacement yang turut membantu menurunkan berat badan.

dr. Muliaman menjelaskan meal replacement merupakan makanan pengganti nutrisi untuk tubuh yang mengandung kalori dan zat gizi terukur dan dapat dikonsumsi secara praktis.

Meal replacement yang praktis dikonsumsi salah satunya adalah susu Slim & Fit yang mengandung karbohidrat, protein, serat serta vitamin dan mineral dengan komposisi seimbang, tinggi serat, tinggi kalsium, serta rendah lemak dan rendah gula. Sehingga ideal sebagai pengganti makan pagi dan makan malam bagi yang ingin menjaga berat badan ideal sekaligus mendapatkan nutrisi yang tepat dan seimbang.

(Sari/Sumber : Detik.Com)

Related Post

Comment