Advertisement

Minggu, 4 November 2018 11:46 WIB

Pendaki Asal Bandung Meninggal Dunia di Gunung Cartensz Papua

S.N.A —Hot News
Pendaki Asal Bandung Meninggal Dunia di Gunung Cartensz Papua

Terasjabar.id - Seorang pendaki gunung Cartensz meninggal dunia saat proses pendakian ke Puncak Carstensz Pyramid. Pendaki itu diduga meninggal karena kejatuhan batu. 


Peristiwa itu terjadi Sabtu (4/11/2018) pukul 11.30 WIT kemarin di dataran tinggi Jayawijaya Timika Papua. Pendaki bernama Andika Pratama itu merupakan guide.

Andika.
Andika adalah pendaki kelahiran Palembang 2 Juni 1984. Alamat asalnya adalah Jalan Padang Golf Nomor 18 RT/RW 04/01, Desa Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Pendakian itu bermula dari tanggal 29 Oktober 2018, saat Andika dan tim berangkat ke Base Camp Yellow Valley menggunakan helikopter Komala Air dalam rangka pendakian ke Puncak Carstensz Pyramid.

Tanggal 3 November 2018 sekitar pukul 11.30 WIT, salah satu rekan pendaki bernama Arlen yang berada di Base Camp Yellow Valley memberikan informasi melalui telpon satelit kepada salah satu rekan korban yang stand by di kota Timika, Sofyan, bahwa korban meninggal dunia akibat kejatuhan batu saat proses pendakian ke Puncak Carstensz.


Pukul 13.10 WIT dilaksanakan proses evakuasi jenazah menggunakan helikopter Komala Air, adapun yang ikut terbang menjemput jenazah di antaranya adalah Sofyan. Oleh karena cuaca buruk, berkabut dan hujan, maka pilot helikopter evakuasi memutuskan untuk kembali/RTB.

Maximus Tipagau, pemilk PT Adventur Cartenz yang dikonfirmasi mengatakan, korban telah dievakuasi dan sudah diterbangkan ke Jakarta.

"Saya secara pribadi dan atas nama PT Adventure Carstenz mengucapkan turut berduka cita mendalam atas peristiwa yang menimpa saudara kita dalam kegiatan ekspedisi di Carstenz," ujar Maximus.

"Saya berharap agar ke depan semua prosedur pendakian dapat diorganisir secara lebih baik, termasuk SOP, penanganan emergency, maintenance rutin jalur pendakian, dan hal-hal lainnya," imbuhnya.

 

(Sari/Sumber : Detik.Com)

 

pendaki gunung meninggal dunia asal bandung Gunung Cartensz Papua



Related Post



Comment