Advertisement

Senin, 29 Juli 2019 19:06 WIB

Update - Kondisi Terkini Gunung Tangkubanparahu Kata Kepala PVMBG

Malda —Hot News
Update - Kondisi Terkini Gunung Tangkubanparahu Kata Kepala PVMBG

Terasjabar.id - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, menilai hingga saat ini aktifitas Gunung Tangkubanparahu pascaerupsi masih fluktuatif, namun erupsinya cenderung menurun.

Ia mengatakan, kondisi tempat wisata tersebut saat ini masih masuk normal level satu dengan rekomendasi jarak 500 meter dari pusat kawah dan 100 meter dari dinding kawah.

"Itu (jarak) masih menjadi ancaman jika terjadi erupsi tiba-tiba, ancamannya masih bisa berubah terutama gas vulkanik berbahaya, semburan lumpur dan abu tebal, itu harus diperhatikan," ujarnya saat ditemui di Pos Pengamatan Gunungapi Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019).

Namun pihaknya memastikan dengan kondisi seperti itu saat ini kondisinya sudah aman, tetapi pihaknya tetap menyarankan agar melakukan antisipasi seperti harus menggunakan masker.

Selain itu, Kasbani juga menyarankan harus tetap mewaspadai hembusan asap dari Kawah Ratu, karena hingga saat ini kondisinya juga masih berubah meskipun tidak membawa abu vulkanik.

"Kalau hembusan membawa abu itu hanya saat erupsi saja, termasuk adanya gas beracun yang bisa muncul saat erupsi secara tiba-tiba seperti kemarin," katanya.

Pihaknya juga memastikan asap yang berhembus pascaerupsi seperti saat ini memang tidak berbahaya karena warnanya sudah memutih tidak seperti saat erupsi yang berwarna hitam.

"Saat ini abu vulkaniknya sudah terencerkan dan kami juga sudah mengukur sebagian di kawah itu sudah netral. Kami juga masih terus melakukan pemantauan secara visual dari pos pengamatan," ujar Kasbani.


(Tribunjabar.id)

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Pusat Vulkanologi PVMBG Kawah Ratu



Related Post



Comment