Advertisement

Rabu, 24 Juli 2019 14:02 WIB

Indahnya Blue River of Purwakarta, Sungai Jernih Warna Hijau Kebiruan

Alip Bagja Nur Ilahi —Yuk Piknik
Indahnya Blue River of Purwakarta, Sungai Jernih Warna Hijau Kebiruan

Terasjabar.id - Purwakarta memiliki destinasi alam bernama Sungai Cidomas. Sungai yang dijuluki Blue River of Purwakarta ini memiliki air berwarna hijau kebiruan.

Arusnya cukup deras dengan bebatuan besar di sepanjang tepian sungai. Terletak di kaki Gunung Burangrang, perbatasan Purwakarta-Subang, membuat suasana di sungai ini terasa sejuk dan asri. Terdapat aliran air terjun kecil dengan tebing batu membentuk relief dari pahatan alam yang terlihat indah.

"Sungai Cidomas, Blue Rivernya Purwakarta, Jawa Barat. Sungai ini berada di Kampung Garokgek, Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tepatnya di kaki Gunung Burangrang. Keunikan air Cidomas yang terlihat berwarna biru berasal pantulan dari sinar matahari, jernihnya air, dan kedalaman sungai. Wah, ayo dolan ke sini. Foto dolan dari @reefuun," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Rabu (24/7/2019).

Selain menikmati panorama alam yang indah berbalut udara sejuk, Anda juga bisa berenang menikmati kesegaran air yang berasal dari puluhan mata air. Kedalamannya bervariasi, mulai dari sisi sungai setinggi 10 cm hingga tengah sungai yang mencapai 4 meter. Bagi yang tidak bisa berenang, Anda masih bisa merasakan segarnya air sungai dengan menyewa ban atau pelampung yang disediakan warga.

Rute menuju Sungai Cidomas cukup mudah. Jika Anda dari Wanayasa, bisa terus melaju menuju Kecamatan Kiarapedes, melewati ICG (Islamic Center Garokgek). Tepat di pertigaan sebelum perbatasan, belok ke kiri dan mengikuti jalan desa. Ada petunjuk arah untuk sampai ke Sungai Cidomas.

Bila dari arah Subang, setelah tugu perbatasan ada pertigaan belok ke kanan. Anda tinggal ikuti saja jalan desa. Harga tiket masuk Sungai Cidomas untuk saat ini masih seikhlasnya. Anda hanya dikenakan beban parkir kendaraan. Motor dikenakan parkir Rp3.000, mobil Rp5.000.

(iNews.id)

Blue River of Purwakarta Sungai Jernih Warna Hijau Kebiruan Blue River Sungai



Related Post



Comment