Advertisement

Viral Kasus Influencer Cari Gratisan, Pesan 500 Risoles Dibarter Postingan

Malda 22 7 19 Hot News
Viral Kasus Influencer Cari Gratisan, Pesan 500 Risoles Dibarter Postingan

Terasjabar.id - KEKUATAN media sosial memang dianggap cukup besar dan bisa mengubah keadaan. Tidak heran, banyak brand memercayakan produk mereka pada para influencer. Meskipun, banderol untuk posting tersebut mencapai Rp50 juta.

Likes dan komen yang banyak di satu postingan Instagram dianggap menjadi senjata untuk memengaruhi publik. Semakin banyak likes yang terkumpul, dapat diartikan semakin banyak netizen yang terpengaruh.

Karena itu, akhirnya beberapa influencer berani membayar sesuatu yang tak sedikit harganya dengan postingan. Ya, barter postingan ini dilakukan salah satu influencer yang kini tengah dibicarakan banyak netizen di media sosial. Sayangnya, identitas si influencer dirahasiakan.

Dia jadi bahan omongan karena meminta penjual risoles untuk membuatkannya 500 risoles secara 'cuma-cuma' dan minta dibayar hanya dengan 3 postingan feed Instagram dan 3 instastory.


Kisah ini diungkapkan netizen Twitter dengan akun @zianafazura.

Kisah ini diungkapkan netizen Twitter dengan akun @zianafazura. Dalam postingannya, dia menuliskan caption: "Influencer Cari Gratisan #InfluencerBerkedokPengemis". So, seperti apa kisahnya?

Di postingan pertama, dijelaskan di sana bagaimana si penjual risoles itu dapat telepon misterius dari sang influencer. Dalam obrolannya, influencer itu awalnya memastikan apakah benar si penjual itu menjajakan risoles.

Influencer itu juga menjelaskan kalau dirinya akan mengadakan pesta dan sedang mencari panganan ringan. Setelah mendengar itu, si penjual kemudian menjawab, "Oh ya, dulu sempat bikin dan jualan, tapi sekarang sudah enggak bikin," katanya.

Kemudian, si influencer sangat berharap kalau si penjual kembali berjualan. Setelah itu dia menjelaskan kalau butuh sekitar 500 risoles. Lalu, influencernya tanya berapa harga satu risolesnya? Si penjual menjawab, "Rp7.000".

Lalu, influencernya tanya berapa harga satu risolesnya? Si penjual menjawab,

Setelah mendengar harga per satuan, influencer ini menjelaskan kalau dirinya punya tawaran menarik untuk membayar jumlah tagihan yang harus dia bayar, sekitar Rp3,5 juta.

"Jadi gini mbak, saya punya lebih dari 200 ribu followers di Instagram. Jadi, saya bisa beri promosi melalui postingan risoles mbak di Instagram saya," kata si influencer.

Mendengar penjelasan itu, si penjual bingung. "Maksudnya?" tanyanya singkat.

Lantas, si influencer kembali menjelaskan apa maksudnya. "Jadi, jika mbak bisa membuatkan saya 500 risoles, saya akan kasih iklan di Instagram saya yang followersnya lebih dari 200 ribu. Tolong, ya, mbak. Ini akan sangat baik untuk bisnis mbak," kata si influencer.

Lagi, si penjual tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan si influencer. Dia pun mengatakan kalimat ini, "Nggak ngerti, maksudnya? Apa hubungannya mau mesen risoles dengan exposure di Instagram?"

Si influencer pun kembali menjelaskan maksud barternya tersebut.

Apa hubungannya mau mesen risoles dengan exposure di Instagram?


"Jadi, mbak bikin risoles gratis buat saya. Nanti saya kasih 3 postingan di feeds plus 3 postingan di Instastory. Followers aku aktif, lho. Ini akan sangat bagus untuk bisnis mbak," ungkap si influencer.

Si penjual yang akhirnya mengerti dengan maksud si influencer lantas memberi respon tegas.

"My dear, tolong jangan meminta saya membuat makanan gratis dengan bayaran iklan di Instagram. Pertama-tama, saya nggak butuh exposure. Saya pikir makanan saya jauh lebih terkenal dibandingkan kamu. Kedua, kamu pikir bikin risoles 500 bijik nggak capek? Dan nggak beli bahan? Mendingan kamu minta aja sana sama tukang-tukang risoles di Pasar Senen," tegasnya.