Advertisement

Kurang Murid, Sekolah Swasta di Surabaya Masih Buka Pendaftaran

Restu Agustini 19 7 19 Hot News
Kurang Murid, Sekolah Swasta di Surabaya Masih Buka Pendaftaran

Terasjabar.id- Dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), sejumlah sekolah swasta di Surabaya masih kekurangan murid. Itu dianggap sebagai imbas dari kebijakan PPDBtambahan dan rombel yang dikeluarkan Dispendik.

"Iya masih ada. Di SMP PGRI 5 malah dapat 3 siswa. SMP Gatra 3 sama 3 siswa dan SMP Among dan SMP PGRI 17 sama dapat 4 siswa," kata Koordinator MKKS Erwin Darmogo kepada detikcom, Jumat (19/7/2019).

Menurut Erwin meskipun hanya beberapa murid, sekolah-sekolah tersebut tetap menggelar kegiatan belajar mengajar. Kegiatan itu dilakukan sejak hari pertama masuk sekolah Senin (15/7) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

"Tetap lanjut," terang Erwin.


Erwin menambahkan, kurangnya jumlah murid membuat pihak sekolah mau tidak mau harus mengambil kebijakan pengurangan guru. Sebab dengan berkurangnya siswa otomatis berkurang jam pelajarannya.

"Ya, mungkin tadinya guru matematikanya ada 2 dikurangi atau dipecat 1. Karena jumlah kelas berkurang otomatis jumlah jam pelajarannya juga berkurang," imbuhnya.

Kepala Sekolah SMP PGRI 17 Endah Sri Mustikaningsih menyampaikan, ada enam siswa baru yang mendaftar. Namun dua di antaranya terpaksa membatalkan pendaftaran karena memilih masuk di SMP Negeri.


"Kami konfirmasinya (dua calon murid yang menarik pendaftaran) sehari sebelum masuk. Ini rencananya ada yang mau daftar saya tunggu tapi masih belum daftar," kata Endah saat ditemui di ruangnya di SMP PGRI 17. 

Menurut Endah, 4 siswa tersebut jauh dari kuota yang ditargetkan pihak sekolah yakni 64 murid untuk dua kelas. Untuk itu, meskipun kegiatan belajar mengajar sudah berlangsung, pihaknya masih tetap membuka pendaftaran.. 

"Masih buka terus sampai memenuhi target (64 siswa). Dibukanya tidak terbatas sampai belum ulangan. Karena sekarang kelas yang dipakai hanya satu, yang satunya kosong," pungkasnya.

(detik.com)

Related Post

Comment