Advertisement

Mengenal Cholinergic Urticaria, Penyakit Gatal yang Diidap V BTS

Mengenal Cholinergic Urticaria, Penyakit Gatal yang Diidap V BTS
Editor: Dea Teras Health —Selasa, 16 Juli 2019 09:40 WIB

Terasjabar.id - Salah satu personel BTS, Kim Taehyung alias V, mengaku mengidap alergi urtikaria kolinergik atau cholinergic urticaria (CU). Akibat penyakitnya ini, V BTS kerap merasa gatal saat suhu tubuhnya meningkat. V BTS juga menjelaskan bahwa ia sedang mengalami gejala kronis atas alergi itu.

“Saya mengidap alergi kolinergik. Saya merasa gatal-gatal," ujar dia seperti dilansir Soompi, Senin, 15 Juli 2019.

Menurut laman Web MD, cholinergic urticaria kambuh ketika tubuh berkeringat karena suhu tubuh naik, entah karena gugup, berolahraga, atau hanya kepanasan berada di bawah sinar matahari.

Para ahli percaya kondisi ini terjadi karena saat suhu meningkat, tubuh melepaskan histamin. Senyawa biasanya dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap cedera. Pada sebagian orang, senyawa ini memicu cholinergic urticaria.

Kondisi ini semakin parah ketika penderitanya memiliki eksim, asma, atau alergi lainnya. Gejala yang muncul adalah rasa gatal dan hangat. Muncul benjolan kecil berwarna kemerah-merahan seperti biduran. Gatal-gatal ini bisa mengenai seluruh area tubuh, tapi yang paling sering adalah dada, wajah, punggung atas, dan lengan. 

Rasa gatal pada pengidap cholinergic urticaria ini biasanya muncul tiba-tiba. Tapi tidak bertahan lama, hanya sekitar 30 menit hingga satu jam. Untuk kondisi tertentu, reaksi alergi ini juga ditandai dengan diare, air liur bertambah, sakit kepala, napas pendek, detak jantung lebih cepat, dan mengi atau sesak napas.

Cholinergic urticaria tidak memerlukan pengobatan khusus. V BTS atau penderita lainnya cukup mengubah gaya hidup dan menghindari pemicunya, juga mengelola stres. Tapi untuk orang yang tidak memungkinkan menghindari pemicu, seperti atlet yang selalu berkeringat, dokter akan merekomendasikan obat tertentu. 

(tempo.co)

Cholinergic Urticaria Penyakit Gatal V BTS


Related Post



Loading...