Advertisement

Lahar Dingin Terjang Dua Desa di Karo

Lahar Dingin Terjang Dua Desa di Karo
Editor: Fahrul Maulana Hot News —Kamis, 11 Juli 2019 19:27 WIB

Terasjabar.id - Banjir lahar dingin Gunung Sinabung menerjang dua desa yakni, Desa Kuta Mbaru dan Perbaji, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut). 

"Sampai saat ini, proses pembersihan lumpur lahar dingin maupun material lainnya, masih dilakukan oleh tim gabungan bersama dengan masyarakat," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin, Kamis (11/7/2019).

Natanail menyampaikan, tim gabungan yang turun membantu masyarakat itu melibatkan petugas BPBD, TNI dan Polri. Desa yang paling terdampak atas bencana itu adalah Kuta Mbaru. Lumpur sampai merendam di dalam rumah penduduk.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak swasta yang memiliki alat berat untuk turut membantu melaksanakan pembersihan sisa- sisa material Sinabung yang terbawa banjir lahar dingin. Akses jalan pun ikut terdampak,” jelasnya.

Natanail mengimbau, masyarakat maupun pengguna kendaraan supaya ekstra hati - hati. Masyarakat juga diminta mengantisipasi banjir lahar dingin susulan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tetap menjauhi zona berbahaya.

Status Gunung Sinabung masih berada di Level III (siaga). Untuk itu, masyarakat maupun pengunjung diimbau tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 kilometer, radius sektoral 5 km untuk Sektor Selatan - Timur, dan 4 km untuk Sektor Timur - Utara. 

(Suara.com)

Lahar Dingin Terjang Desa di Karo


Related Post



Loading...