Advertisement

Tak Hanya Segar Dan Nikmat, 8 Minuman Khas Indonesia Ini Juga Berkhasiat Untuk Tubuh

Tak Hanya Segar Dan Nikmat, 8 Minuman Khas Indonesia Ini Juga Berkhasiat Untuk Tubuh
Editor: S.N.A Teras Seleb —Kamis, 11 Juli 2019 18:30 WIB

Terasjabar.id - Di era modern saat ini, keberadan kuliner tradisional semakin tergeser. Pasalnya, kuliner kekinian yang hits menjamur di pasaran dengan berbagai macam inovasi yang menarik.

Meski demikian, sebagian dari kita mungkin sangat merindukan cita rasa lokal. Sebab kuliner tradisional memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah minuman khas atau minuman tradisional Nusantara.

Beberapa minuman tradisional ini dikenal memiliki rasa yang cukup nikmat dan juga segar. Selain itu, beberapa di antaranya juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Mau tahu minuman apa saja itu? Simak artikel selengkapnya berikut ini.

1. Kolak, Minuman Khas Indonesia Yang Memiliki Rasa Manis Super Nikmat


Kolak, Minuman Khas Indonesia yang Memiliki Rasa Manis Super Nikmat

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan minuman khas satu ini. Sebab kolak dikenal sebagai salah satu minuman paling nikmat di Indonesia.

Kolak sendiri merupakan kuliner yang terbuat dari perpaduan kuah santan yang dicampur dengan gula merah, pisang, singkong atau ubi manis. Dominan dengan rasa manis, kolak dikenal sebagai salah satu minuman khas yang sangat nikmat.

Selain itu, kolak juga berkhasiat untuk membuat tubuh bertenaga. Karena itu, keberadaan kolak di pasaran meningkat di momen-momen tertentu, seperti pada saat bulan Ramadan.

2. Es Cendol, Minuman Segar Nikmat Yang Populer Lewat Lagu


Es Cendol, Minuman Segar Nikmat yang Populer Lewat Lagu

Minuman khas Indonesia berikutnya yang nikmat dan segar adalah Es Cendol atau Dawet Ayu. Minuman yang berasal dari Banjarnegara ini sangat terkenal hingga mudah ditemui di mana saja. Minuman satu ini bahkan sudah berhasil go internasional. Contohnya di Singapura, Es cendol disebut dengan Lortchorng.

Es ini sendiri terbuat dari tepung beras, es yang diparut, gula merah cair dan juga santan. Karena itu, es ini sangat tepat dinikmati untuk menghilangkan dahaga pada hari yang panas.

Selain itu, es cendol juga memiliki sisi menariknya tersendiri loh. Pasalnya, minuman satu ini dipopulerkan lewat lagu "Dawet Ayu Banjarnegara" yang diciptakan oleh seniman asal Banjarnegara yang bernama Bono. Lalu pada tahun 1980 lagu ini kembali dipopulerkan oleh Grup Seni Calung yang terkenal di Karesidenan Banyumas pada era 1970-1980an. Sejak saat itu, nama es cendol menjadi terkenal di mana-mana.

3. Sekoteng, Minuman Hangat Yang Berasal Dari Perpaduan Tradisi Tiongkok Dan Jawa


Sekoteng, Minuman Hangat Yang Berasal Dari Perpaduan Tradisi Tiongkok dan Jawa

Jawa Tengah juga memiliki minuman khas yang bernama Sekoteng. Minuman ini sendiri merupakan peranakan dari tradisi Tiongkok dan Jawa.

Minuman ini memiliki rasa hangat yang sangat terasa saat di perut. Rasa hangat ini berasal dari gula merah dan jahe yang sudah direbus. Karena itu, masyarakat Jawa menyebutnya "nyokot weteng" atau "menggigit perut".

Sekoteng sendiri berasal dari bahasa Hokkian, yakni Su ko thung atau si guo tang yang artinya sup empat buah-buahan. Di Indonesia sendiri, sekoteng terdiri dari berbagai macam isian. Mulai dari kacang hijau, kacang tanah, potongan roti dan pacar cina.

4. Bajigur, Minuman Khas Sunda Yang Cocok Hangatkan Badan Saat Dingin


Bajigur, Minuman Khas Sunda Yang Cocok Hangatkan Badan Saat Dingin

Minuman khas Indonesia selanjutnya yang super nikmat adalah bajigur. Bajigur sendiri dikenal sebagai minuman khas Sunda yang cocok diminum saat cuaca sedang dingin.

Bajigur akan semakin nikmat jika dijadikan pendamping camilan. Mulai dari kacang rebus, ubi rebus, klepon, gorengan dan sebagainya.

Di balik rasanya yang nikmat, bajigur juga memiliki sejumlah khasiat untuk tubuh loh. Sebab selain berguna untuk menghangatkan tubuh, minuman satu ini dipercaya dapat meredakan sakit perut dan juga demam.

5. Minum Bir Pletok Dari Betawi Untuk Sehatkan Tubuhmu


Minum Bir Pletok dari Betawi Untuk Sehatkan Tubuhmu

Salah satu minuman khas Indonesia yang nikmat dan berkhasiat adalah bir pletok. Meski namanya bir, minuman asal Betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Pasalnya, bir pletok aman diminum dan dapat menghangatkan badan.

Selain itu, minuman ini juga sangat berkhasiat bagi tubuh. Karena di dalam bir pletok terdapat kandungan antioksidan dan vitamin yang berasal dari berbagai macam rempah.

Namun jangan kaget jika kamu merasa pedas saat pertama kali minum bir pletok. Sebab itu hanya berlangsung sesaat. Lama-kelamaan badan akan terasa hangat.

6. Es Kuwut, Minuman Khas Bali Yang Super Segar Dan Nikmat


Es Kuwut, Minuman Khas Bali Yang Super Segar dan Nikmat

Minuman khas Indonesia yang nikmat dan segar berikutnya adalah es kuwut. Minuman satu ini berasal dari Pulau Dewata bali.

Es kuwut sendiri dikenal sebagai salah satu minuman yang sangat segar. Pasalnya, es ini berbahan dasar kelapa yang ditambah dengan jeruk nipis dan biji selasih. Karena itu, minuman ini sangat cocok dinikmati saat kamu membutuhkan kesegaran.

Dan es kuwut dikenal sebagai salah satu minuman yang cukup melegenda. Lagi-lagi adalah karena kenikmatan rasa dan kesegaran yang ditawarkannya. Karena itu, es ini cukup populer di kalangan orang dewasa maupun anak-anak.

7. Wedang Ronde, Minuman Hangat Hasil Akulturasi Budaya Jawa Dan Tiongkok


Wedang Ronde, Minuman Hangat Hasil Akulturasi Budaya Jawa dan Tiongkok

Kebanyakan orang menganggap wedang ronde sebagai minuman khas Indonesia karena sangat terkenal Pulau Jawa, khususnya Semarang. Namun rupanya, minuman satu ini merupakan pengembangan dari makanan tradisional Tiongkok yang bernama Tangyuan.

Di Indonesia, ronde disajikan manis di sebuah mangkok. Di dalamnya berisi irisan roti tawar, kolang-kaling, kacang tanah sangrai lalu disiram dengan kuah jahe panas yang manis.

Minuman satu ini sangat mantap dinikmati saat malam hari, karena itu para pedagang ronde kerap beroperasi di malam hari. Selain itu, ronde juga cocok diminum saat dingin untuk menghangatkan tubuh.

8. Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi Yang Semakin Jarang Ditemui


Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi Yang Semakin Jarang Ditemui

Minuman khas Indonesia terakhir yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian adalah es selendang mayang. Minuman yang berasal dari Betawi ini sendiri saat ini sudah semakin jarang ditemui. Pasalnya, di kalangan masyarakat Betawi, es selendang mayang dianggap kuno.

Meski demikian, es ini biasanya disajikan ketika ada acara tertentu. Seperti saat lebaran, acara keluarga, arisan dan lain sebagainya.

Minuman ini dinamakan es selendang mayang karena di dalamnya terdapat semacam kue berbentuk tipis memanjang seperti halnya selendang. Kemudian ditambahkan sirup dan santan atau susu di atasnya. Karena itu, minuman ini kaya akan karbohidrat dan cocok sebagai penunda lapar.

(wowkeren.com)

Tak Hanya Segar Dan Nikmat 8 Minuman Khas Indonesia Ini Juga Berkhasiat Untuk Tubuh


Related Post


 


Loading...