Advertisement

Cegah Kanker Hingga Cerdaskan Otak, Ini 10 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Manusia

Cegah Kanker Hingga Cerdaskan Otak, Ini 10 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Manusia
Editor: S.N.A Teras Health —Selasa, 9 Juli 2019 15:17 WIB

Terasjabar.id - Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengatur asupan makanan dan gizi yang kita konsumsi sehari-hari. Pasalnya, kandungan nutrisi yang seimbang sangat penting bagi tubuh.

Tubuh tidak hanya membutuhkan protein, tapi juga asupan nutrisi lainnya, seperti serat dari buah-buahan. Salah satu jenis buah-buahan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh adalah bengkuang.

Buah yang memiliki rasa segar dengan tekstur renyah ini biasanya dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Namun sejumlah manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia juga tidak boleh kita abaikan.

Pasalnya, bengkuang mengandung beberapa gizi penting. Di antaranya adalah mineral, fitonutrein dan berbagai senyawa organik lainnya. Selain itu, terdapat pula serat makanan, vitamin C, E, B6, asam folat, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi dan sejumlah kecil protein nabati.

Nah, apa kamu mau tahu apa saja manfaat bengkuang untuk kesehatan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Bengkuang Bisa Membantu Melancarkan Pencernaan Manusia


Bengkuang Bisa Membantu Melancarkan Pencernaan Manusia

Manfaat pertama bengkuang untuk kesehatan manusia adalah untuk membantu melancarkan fungsi pencernaan. Hal ini disebabkan karena bengkuang memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya yang berperan penting untuk melancarkan proses pencernaan.

Selain itu, kadar air yang tinggi di dalam bengkuang juga bisa berperan untuk mempercepat proses pencernaan dalam tubuh. Karena itu, buah satu ini sangat cocok untuk kamu konsumsi ketika pencernaanmu sedang terganggu.

2. Konsumsi Bengkuang Secara Rutin Untuk Menguatkan Tulangmu


Konsumsi Bengkuang Secara Rutin Untuk Menguatkan Tulangmu

Manfaat berikutnya dari bengkuang untuk kesehatan manusia adalah untuk menyehatkan dan menguatkan tulang. Pasalnya, di dalam bengkuang terkandung berbagai mineral penting, seperti mangan, magnesium, zat besi dan tembaga.

Berbagai kandungan tersebut berperan sebagai pendorong utama kesehatan tulang manusia. Selain itu, mineral-mineral tersebut juga sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat, tulang baru dan penyembuhan akibat kerusakan tulang. Karena itu, secara tidak langsung bengkuang juga sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya osteoporosis pada tulang dalam tubuh manusia.

3. Penuhi Kebutuhan Vitamin C dalam Tubuh dengan Mengonsumsi Bengkuang


Penuhi Kebutuhan Vitamin C dalam Tubuh dengan Mengonsumsi Bengkuang

Bengkuang juga dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Pasalnya, dalam 100 gram bengkuang, terkandung hingga 40% kebutuhan dosis vitamin C harian.

Dan seperti yang diketahui, vitamin C dalam tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C yang ada di dalam bengkuang juga mengandung zat antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas akibat dari polusi.

4. Bengkuang Rupanya Juga Ampuh Untuk Atasi Demam Loh!


Bengkuang Rupanya Juga Ampuh Untuk Atasi Demam Loh!

Manfaat berikutnya dari bengkuang adalah untuk mengobati penyakit demam. Hal ini disebabkan karena bengkuang memiliki sifat kimiawi seperti pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C yang berkhasiat untuk mendinginkan dan dapat digunakan sebagai penurun demam.

Cara menggunakan bengkuang sebagai obat demam juga cukup mudah. Pertama, blender bengkuang yang dicampur dengan sedikit air sampai halus. Setelah itu, minum jus bengkuang setiap pagi dan sore hari.

5. Bengkuang Memiliki Kandungan Untuk Mencegah Penyakit Kanker


Bengkuang Memiliki Kandungan Untuk Mencegah Penyakit Kanker

Bengkuang rupanya juga memiliki manfaat untuk mencegah datangnya penyakit kanker dalam tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena bengkuang memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini dipercaya bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang akhirnya mengarah pada pembentukan sel kanker.

Karena itu, jika kamu ingin menghindar dari terserang kanker, sebaiknya mengonsumsi bengkuang secara rutin. Selain itu, bengkuang juga dapat menstabilkan tubuh bila sedang terkena racun.

6. Bengkuang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Darah


Bengkuang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan cara melakukan pengaturan makanan dengan baik dan benar. Salah satunya adalah dengan melakukan terapi jus bengkuang atau mengonsumsi jus bengkuang secara rutin.

Hal ini disebabkan karena bengkuang kaya akan serat dan kadar air dan juga mengandung vitamin C. Berbagai kandungan ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah manusia.

7. Cerahkan Kulit Tubuhmu dengan Menggunakan Bengkuang


Cerahkan Kulit Tubuhmu dengan Menggunakan Bengkuang

Manfaat selanjutnya dari bengkuang adalah fungsinya sebagai perawatan kulit. Pasalnya, bengkuang kaya akan kandungan vitamin C yang bisa meremajakan tubuh.

Cara mencerahkan kulit dengan bengkuang cukup mudah. Kamu hanya perlu memakannya secara langsung atau mencampurnya dengan kunyit dan mengaplikasikannya pada kulit. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kamu akan terkejut dengan hasilnya.

8. Tak Ingin Kesakitan Karena Sembelit? Maka Sering-Seringlah Konsumsi Bengkuang


Tak Ingin Kesakitan Karena Sembelit? Maka Sering-Seringlah Konsumsi Bengkuang

Mungkin sembelit menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat menyakitkan. Pasalnya, saat sembelit rasa nyerinya cukup parah hingga hampir tak tertahankan.

Sembelit sendiri biasanya dikaitkan dengan gerakan makanan tidak sehat melalui usus manusia yang tidak dicerna dengan benar. Namun, dengan mengonsumsi bengkuang, kamu bisa mencegah terjadinya sembelit. Sebab bengkuang memiliki komposisi serat yang cukup tinggi di dalamnya.

9. Bengkuang Dikenal Sebagai Asupan yang Baik untuk Penderita Diabetes


Bengkuang Dikenal Sebagai Asupan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Bengkuang adalah salah satu buah yang sangat baik untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena bengkuang mengandung kadar glukosa yang rendah, sehingga cocok untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Selain itu, kadar oligofruktosa inulin dalam bengkuang merupakan sejenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh tubuh. Karena itu, kamu tidak perlu khawatir kadar gula akan naik ketika mengonsumsi bengkuang dalam jumlah banyak.

10. Bengkuang Sangat Bermanfaat Untuk Mencerdaskan Otak Manusia


Bengkuang Sangat Bermanfaat Untuk Mencerdaskan Otak Manusia

Manfaat bengkuang untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mencerdaskan otak. Hal ini disebabkan karena bengkuang mengandung vitamin B6 atau piridoksin yang berkhasiat untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya.

Selain itu, vitamin B6 juga berperan baik untuk mengubah asam protein menjadi asam amino. Proses ini dipercaya dapat membantu memperbaiki proses metabolisme tubuh dan kerja organ tubuh yang lainnya.

(wowkeren.com)

Cegah Kanker Hingga Cerdaskan Otak Ini 10 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Manusia


Related Post


 


Loading...