MK Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Pilpres 2019 Hari Ini, Berikut Agendanya

Dea 18 6 19 Hot News
MK Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Pilpres 2019 Hari Ini, Berikut Agendanya

Terasjabar.id - Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat hari ini, Selasa (18/6/2019). Persidangan yang beragendakan mendengarkan jawaban Komisi Pemilihan Umum (KPU) (termohon), tanggapan Tim Hukum Jokowi-Ma’ruf sebagai pihak terkait, serta keterangan dari Bawaslu itu akan dimulai Pukul 09.00 WIB.

"Agendanya mendengarkan jawaban termohon, keterangan pihak terkait dan keterangan Bawaslu," kata Kabag Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK, Fajar Laksono di Gedung MK, Senin, 17 Juni 2019.

Fajar menerangkan, pihak terkait dan termohon besok akan diberikan porsi untuk memberikan jawabannya atas permohonan yang diajukan Prabowo-Sandi. Nantinya, majelis hakim konstitusi akan menilai keterangan dari ketiga pihak itu.

Begini Suasana Sidang Perdana Gugatan Sengketa Pilpres di Gedung MK


"Nanti majelis yang akan memberikan penilaian," ujarnya.

Fajar menambahkan, termohon dan pihak terkait dapat memberikan berkas jawabannya paling lambat sebelum sidang dimulai esok hari. Namun, berkas yang sudah disetorkan pihak terkait tidak perlu diverifikasi lagi oleh panitia.

"Langsung saja kita terima keterangan pihak terkait. Kan tidak ada verifikasi kalau jawaban keterangan pihak terkait maupun Bawaslu. Tinggal kita terima, kasih akta, kemudian kita unggah seperti biasa," tuturnya.

Pada sidang pendahuluan, Jumat 14 Juni lalu, MK mengabulkan perbaikan permohonan yang disampaikan Tim Hukum Prabowo-Sandi.

Ada 16 petitum atau permohon yang disampaikan Prabowo-Sandi. Satu di antaranya, pasangan capres nomor urut 02 itu meminta MK membatalkan penetapan hasil Pilpres 2019 yang diumumkan KPU karena dinilai adanya kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

MK juga diminta mendiskualifikasi Jokowi-Ma’ruf sebagai peserta Pilpres, lalu menetapkan Prabowo-Sandi sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Sekadar informasi, persidangan gugatan Pilpres 2019 itu akan dilanjutkan kembali pada tanggal 17 hingga 21 dengan agenda mendengarkan keterangan saksi, saksi ahli dan alat bukti. Kemudian, pada tanggal 24 hingga 27 Juni dilanjutkan dengan tahap Rapat Pemusyawaratan Hakim (RPH). Sementara, sidang pembacaan putusan paling lambat dibacakan pada tanggal 28 Juni 2019.

(okezone.com)

Related Post

Comment