Advertisement

Jumat, 14 Juni 2019 07:49 WIB

Driver Online Tagih Janji Kemenkominfo Berikan Sanksi ke Aplikator Nakal

Dea —Hot News
Driver Online Tagih Janji Kemenkominfo Berikan Sanksi ke Aplikator Nakal

Terasjabar.id - Asosiasi Driver Online (ADO) menagih janji Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) untuk membuat aturan agar aplikator transportasi online yang melanggar aturan dikenakan sanksi. Hal ini untuk memberi efek jera kepada aplikator sehingga bisa menjalankan sesuai aturan.

Ketua Umum ADO Christiansen Ferary Wilmar mengatakan, hingga saat ini Kemenkominfo hanya mengatur mengenai setiap aplikator untuk mendaftar sebelum beroperasi di Indonesia. Namun, terkait sanksi bagi aplikator yang melanggar aturan transportasi online sama sekali tidak ada.

"Kami mau menagih janji karena memang saat ini perkara yang terbesar di Kominfo. Saya 2017 udah pernah audiensi sama Dirjen (Kominfo) mereka bilang mau bikin regulasi," ujarnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Selama tiga tahun ini pihaknya terus meminta agar Kemenkominfo merealisasikan janjinya. Namun, Kemenkominfo memberikan alasan yang sama.

"Saya waktu 2017 ketemu Dirjen Aktika itu alasanya kalau dia mengeluarkan aturan aturan sektoral, nanti sektor-sektor yang lain akan meminta regulasi. Makanya dia tidak berani mengeluarkan untuk transportasi online takutnya nanti sistem ritel dan lainnya minta regulasi. Alasannya itu sampai sekarang," ucapnya.

Mengenai transportasi online ini memang secara teknis sudah diatur oleh Kemenhub baik soal taksi online maupun ojek online. Namun, di dalam aturan tersebut tidak termasuk sanksi bagi aplikator.

"Teman-teman dari Yogya mereka kecewa karena di dalam PM 118 ini itu tidak ada sanksi yang bisa diberikan aplikator kalau mereka tidak mengikuti aturan seperti penetapan tarif itu," ucapnya.

Menurut dia, selama ini aplikator telah banyak melakukan pelanggaran namun hanya ditegur tanpa diberikan sanksi oleh Kemenkominfo. Hal ini membuat kurangnya efek jera dan patuh pada aturan.

"Ya kalau mereka tidak mengikuti aturan ya mereka di-off-kan dulu nanti kan terjadi penurunan (pendapatan) nanti kan pasti mengikuti aturan," tutur dia.

(inews.id)

Driver Online Tagih Janji Kemenkominfo Berikan Sanksi Aplikator Nakal



Related Post



Comment