Advertisement

Rabu, 22 Mei 2019 10:05 WIB

Minum Susu Saat Sahur dan Buka, Benarkah Mengurangi Haus Saat Puasa?

Epenz —0
Minum Susu Saat Sahur dan Buka, Benarkah Mengurangi Haus Saat Puasa?

Terasjabar.id- Pada hakekatnya ibadah puasa merupakan ibadah untuk menahan hawa nafsu termasuk haus dan lapar. Saat berpuasa seperti sekarang ini, tantangan terbesarnya adalah menahan haus. Apalagi saat ini telah memasuki musim kemarau di mana cuaca jadi lebih panas dan membuat siapa saja lekas merasa haus.

Agar terhindar dari rasa haus berlebih saat berpuasa, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Usahakan untuk minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas perhari. Usahakan juga untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat sehingga meningkatkan risiko haus. Usahakan pula untuk tidak minum-minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti teh, susu, kopi dan cokelat agar saat puasa kita juga tak mudah haus.

Melansir dari laman liputan6.com, Diana, seorang dokter spesialis gizi klinis di Sudirman, Jakarta Pusat menjelaskan, "Meminum miniman berasa yang mengandung kadar gua tinggi seperti kopi, teh atau susu cokelat bisa meningkatkan kadar gula darah dan menurunkannya secara cepat. Alhasil dirimu bisa cepat haus. Saat sahur ada baiknya cukup meminum air mineral saja."

Meski minum minuman manis seperti teh, kopi dan susu dikatakan bisa bikin cepat haus, minum susu saat berbuka justru dianjurkan. Minum susu saat berbuka bisa bermanfaat menaikkan gula darah tubuh yang menurun selama berpuasa. Susu mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein, lemak dan karbohidrat. Susu juga mengandung kalsium, potasium dan magnesium yang baik buat tubuh.

Jadi, minum susu di bulan Ramadan sebaiknya dilakukan di waktu berbuka dan dihindari saat sahur. Apalagi jika susu tersebut diminum dengan tambahan gula di dalamnya. Semoga informasi ini bermanfaat.


minum susu sahur puasa mengurangi haus tips tips puasa



Related Post



Comment