Tips Bijak Mengelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Dea 22 5 19 Life Style
Tips Bijak Mengelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Terasjabar.id - Bagi para pekerja Tunjangan Hari Kerja atau THR sangat dinantikan menjelang Lebaran. Apalagi sejumlah kebutuhan sudah direncanakan untuk Hari Raya nanti, bahkan mungkin sebagian besar para pekerja sudah memiliki daftar barang maupun hal yang mereka inginkan.

Namun agar tak kebablasan Anda perlu mengingat cara bijak memanfaatkan THR, supaya bisa mencukupi kebutuhan. Selain itu, Anda juga harus bisa membedakan barang yang diinginkan dan barang yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa tips mengelola THR untuk keperluan Lebaran, dari ShopBack.

1. Alokasikan dengan bijak

Sebagian besar karyawan di Indonesia akan menerima THR dalam durasi berdekatan dengan penerimaan gaji bulanan pada 2019.

Sebelum menerima dua pemasukkan itu, sebaiknya Anda mulai membuat alokasi dana yang akan digunakan untuk lebaran. Berapa persen dari gaji dan THR yang akan Anda dapatkan untuk membeli kebutuhan untuk lebaran, dan berapa persen yang akan ditabung.

2. Berdonasi dan berzakat

Agar THR Anda menjadi berkah, gunakan sebagian dari pendapatan yang Anda dapatkan untuk berdonasi. Sejumlah lembaga atau yayasan dapat Anda manfaatkan untuk berdonasi, mulai dari platform offline hingga platform online.

Berdonasi melalui platform online mulai marak dilakukan generasi milenial di Indonesia.

3. Manfaatkan promo dari ritel dan e-commerce

Jika Anda masih memiliki daftar barang yang harus dibeli untuk Lebaran tapi enggan mengeluarkan jatah THR yang banyak untuk belanja, coba manfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh ritel dan platform e-commerce.

4. Modifikasi Perlengkapan Lebaran tahun lalu

Lebaran tidak harus menggunakan baju atau barang-barang baru. Anda masih bisa tampil modis dengan memanfaatkan baju Lebaran sebelumnya.

Selain baju, Anda juga bisa bisa memodifikasi stoples kue dengan menambahkan aksen pita atau pernak-pernik lainnya agar terlihat baru. Anda pun lebih berhemat dan THR tidak berkurang terlalu banyak.

5. Investasi 

Agar menghindari sifat impulsif saat menerima THR serta menjaga agar bonus tersebut tetap utuh, cobalah untuk berinvestasi dengan skala kecil. Misalnya dengan melakukan investasi emas atau buka tabungan deposito dari sebagian bonus THR yang diterima.

(timesindonesia.co.id)

Related Post

Comment