Advertisement

Selasa, 21 Mei 2019 09:09 WIB

Agar Kulit Tetap Kinclong saat Berpuasa

Epenz —Teras Health
Agar Kulit Tetap Kinclong saat Berpuasa

Terasjabar.id-  Kulit merupakan benteng pertahanan pertama manusia dari segala gangguan dan polutan dari luar tubuh. Saat berpuasa, tugas besar ini tak diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan kulit. 

Puasa membawa perubahan pada kesehatan kulit. Ahli kesehatan kulit, dr Litya Ayu Kanya Anindya mengatakan, penting untuk menjaga kesehatan kulit di bulan Ramadan. 

Kesehatan kulit yang tak dijaga hanya bisa menimbulkan masalah baru. Beberapa tips bisa Anda ikuti untuk menjaga kulit tetap sehat dan segar selama berpuasa. 

1. Asupan tepat untuk kulit 
Layaknya organ tubuh lain, kulit juga perlu asupan. Selalu masukkan buah dan sayuran ke dalam menu sahur dan berbuka puasa. 

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayuran bisa menjaga kelembapan kulit. Antioksidan menjaga dari paparan radikal bebas sehingga kulit senantiasa segar dan muda. 

2. Hidrasi 
Asupan cairan di bulan puasa akan berkurang dan membuat kulit tak terhidrasi. "Kulit pun cenderung lebih kering," ujar Litya saat konferensi pers The Vaseline Healing Project di Pluit, Jakarta Utara, Selasa (14/5). 

Kebutuhan cairan tetap harus terpenuhi. Asupan cairan berkontribusi pada kelembapan kulit. 

Litya menyarankan Anda untuk memperbanyak konsumsi air putih, bukan air berperasa. Dua liter air per hari cukup untuk membuat kulit tetap terhidrasi. 

3. Gunakan pelembap khusus 
Kondisi kulit pada seluruh bagian tubuh tak serupa. Beberapa bagian kulit cenderung kering seperti pada tumit, siku, serta kutikula. Saking keringnya, kulit pada bagian tubuh ini kerap mengalami pecah-pecah. 

Saat pelembap biasa tidak bisa mengatasinya, gunakan pelembap dengan kandungan aktif petrolatum. Zat ini bersifat oklusif atau menutup kulit. 

"Saat kulit bermasalah, itu seperti dinding rusak, berlubang. Nah petrolatum ini menutup kulit. Untuk apa? Kulit ada airnya supaya lembab. Petrolatum menahan air di kulit dan tidak keluar di lingkungan. Kalau cairan hilang dari kulit, kulit bisa kering dan timbul masalah," jelas Litya. 

4. Tidur cukup 
Kurang tidur bisa membuat kulit terlihat kusam, kering, dan kehilangan kesegaran. Tidur cukup diperlukan agar kelembapan kulit terus terjaga. 

5. Kurangi gorengan 
Selama Ramadan, makanan berlemak seperti gorengan begitu menggoda, Tak jarang orang menjadikan gorengan sebagai menu berbuka puasa. 

Meski tak memengaruhi secara langsung, namun makanan berlemak membuat kulit lebih berminyak. "Tapi itu tidak pada semua orang. Ada yang terpengaruh, ada yang tidak," ujar Litya. 

Untuk mengatasinya, Litya menyarankan Anda untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak.

(CNN)

kulit kinclong puasa kulit tips wajah glowing



Related Post



Comment