Advertisement

H-10 Lebaran, Gerbang Tol Pengganti Cikarut Bisa Digunakan

Dea 16 5 19 Hot News
H-10 Lebaran, Gerbang Tol Pengganti Cikarut Bisa Digunakan

Terasjabar.id - Pemerintah dan jajaran lintas institusi sejauh ini telah melakukan serangkaian persiapan maksimal untuk kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Dalam pengamanan ritual tahunan ini, sepertinya bakal ada perubahan strategi. Hal itu, menyusul adanya peralihan Gerbang Tol Cikarang Utama (GT Cikarut) menjadi ke Cikampek Utama yang dibangun tak jauh dari GT Kalihurip.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adipratama menuturkan, beberapa waktu lalu jajarannya telah melakukan pengecekan terkait progres pembangunan GT Cikampek Utama itu. Dari pantauannya, saat ini proses pembangunan telah mencapai kurang lebih 70 %.

"Kami terus memantau perkembangan pembangunan GT baru itu. Kemungkinan, di musim mudik nanti sudah bisa digunakan," ujar Ricky kepada wartawan, Kamis (16/5/2019).

Dia menjelaskan, di lokasi ini ke depan bakal ada dua gerbang tol utama. Nantinya, sambung dia, GT Cikampek Utama ini bakal jadi corong pengatur lalu lintas dari arah Jakarta menuju wilayah timur Pulau Jawa.

Ricky menuturkan, sejauh ini jajarannya masih melakukan analisa guna menentukan cara bertindak pada saat memasuki arus mudik nanti.

"Pasti akan ada perubahan cara bertindak. Makanya, kami cek kondisi di lapangan (gerbang tol), supaya kami bisa menentukan CB apa yang akan dilakukan saat operasi ketupat nanti," katanya.

Dia menambahkan, dari kordinasi jajarannya dengan pihak pengelola, kemungkinan proyek ini tak akan rampung hingga pelaksanaan mudik nanti. Meski belum bisa dipastikan rampung 100% pada saat mudik nanti, pihaknya memastikan dua gerbang tol yang sedang dalam pembangunan itu akan bisa digunakan pada H-10 Lebaran.

"Diperkirakan, H-10 Lebaran sudah bisa digunakan," katanya.

Sementara itu, salah seorang petugas kontraktor, Andi Burcito menjelaskan, proses pembangunan GT baru, baik badan jalan maupun gardu tol ini terus dikebut. Sejauh ini telah terpasang 8 dari 30 gardu transaksi pembayaran.

"Sudah terpasang 8 gardu transaksi," ujarnya.

Dia menjelaskan, titik yang dijadikan GT Cikampek utama itu merupakan titik pertemuan arus dari Cipularang, dan Tol Jakarta-Cikampek. Ke depan beban kendaraan dari Jakarta tak lagi tertumpu di GT Cikarang Utama. Karena, nantinya GT Cikampek Utama yang akan jadi corong pengatur lalu lintas.

(okezone.com)

Related Post

Comment