Advertisement

Api Hanguskan Bangunan Poskesdes Pakembangan

Dea 15 5 19 Hot News
Api Hanguskan Bangunan Poskesdes Pakembangan

Terasjabar.id - KOBARAN api menghanguskan bangunan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Pakembangan Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan, Rabu (15/5/2019) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, Rabu (15/5/2019), kronologi kejadiannya sekitar pukul 5.00 WIB, warga setempat yang tengah berada di Masjid Al Mukhsin mendengar suara ledakan dari Poskesdes yang disusul dengan kepulan asap dan api dari atap bangunan.

Seorang warga E. Rusma (60) yang kebetulan merupakan pensiunan Pemadam Kebakaran mengambil tindakan dengan menyemprotkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Karena saat itu api sudah terlihat membesar, dia pun melaporkan kejadian tersebut ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupatan Kuningan.

“Satu unit mobil dinas pemadam kebakaran dan lima orang anggota Regu 2 meluncur ke tempat kejadian,” ujar Plt. Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan MH Khadafi Mufti.

Dikatakan dia, dengan dibantu oleh warga setempat, anggota Babinsa dari Koramil Garawangi, dan anggota Polsek Garawangi, api pun dapat dipadamkan pada sekitar pukul 6.30 WIB. Sementara itu, mengenai penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Menyikapi kejadian kebakaran ini, Khadafi pun menyampaikan catatan mengenai perlunya dilakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala terhadap tempat-tempat umum tentang jaringan listrik, ketersedian sistem proteksi kebakaran, APAR, hydran, dan lain-lain.

Juga, perlunya dilakukan pelatihan, pembentukan tim dan ketersediaan sistem proteksi kebakaran oleh pemerintahan desa/kelurahan setempat, tentang kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran dan kedaruratan lainnya.

(galamedianews.com)

Related Post

Comment