Stok Mobil Rental 'Selalu Enggak Cukup' Buat Mudik

Nada 13 5 19 Hot News
Stok Mobil Rental 'Selalu Enggak Cukup' Buat Mudik

Terasjabar.id- Trac, divisi rental kendaraan dari Serasi Auto Raya (Sera) menyediakan 2 ribu unit armada buat menghadapi kebutuhan mudik masyarakat pada tahun ini. Unit yang disediakan itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 1.500 unit.

Chief Operation Officer Trac Hadi Winarto menjelaskan alasan penambahan karena pihaknya melihat kebutuhan mudik masyarakat lewat jalur darat, terutama di Pulau Jawa, bakal meninggi sebab aksesnya telah dipermudah tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa merupakan proyek yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya. Panjang tol ini diperkirakan 1.000 km dan rencananya bisa digunakan untuk menampung volume kendaraan mudik tahun ini.

"Tahun lalu kami siapkan armada 1.000 - 1.500 unit khusus untuk Lebaran, tahun ini kami siapkan 2.000 ribu unit. Lebih banyak, karena kami melihat begini, kalau tol Trans Jawa hidup pasti kan yang mau mudik dengan naik mobil meningkat," kata Hadi di Jakarta, Jumat (10/5).


Menurut Hadi, dari 2 ribu unit rental yang tersedia, model yang paling banyak ditawarkan adalah Toyota Avanza, Toyota Innova, dan Daihatsu Xenia. Dia mengatakan ketiga model ini merupakan jenis 'mobil mudik' yang digemari karena punya syarat muat tujuh penumpang.

Hadi menilai, penambahan armada buat mudik pada tahun ini tidak perlu besar. Dia mengatakan berapapun Trac sanggup menyediakan mobil, pasti tidak akan cukup memenuhi semua kebutuhan.

"Selalu enggak cukup. Cuma kalau kami mau investasi, misalnya 5 ribu unit buat Lebaran saja kan tidak mungkin, mobil cuma dipakai pas lebaran, habis itu bubar. Habis itu kita bingung. Biasanya kami akan maksimalkan dari armada yang sudah ada saja," ucap Hadi.

Antusiasme menyewa kendaraan Trac dikatakan tinggi setiap jelang mudik. Hadi bilang dua pekan sebelum Lebaran biasanya semua unit sudah punya penyewa. 

Selain mobil penumpang, Trac juga menyediakan bus buat mudik yang jumlahnya dikatakan sekitar 250 unit. Hadi bilang sedang ada program khusus yang ditawarkan ke masyarakat untuk tahun ini, yaitu sewa bus hanya dengan modal Rp300 ribu per orang.

"Kami ada untuk bus, Rp 300 ribu per orang. Jadi boleh ngumpulin temen-temennya sampai satu bus penuh. Satu orang bayar 300 ribu aja buat mudik," kata Hadi.

(CNN)

Related Post

Comment