FESTIVAL ANGKLUNG INTERNASIONAL & GOWES WISATA DI WADUK DARMA

S.N.A 23 4 19 Hot News
FESTIVAL ANGKLUNG INTERNASIONAL & GOWES WISATA DI WADUK DARMA

Terasjabar.id - Dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI akan menggelar Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata Waduk Darma, Minggu-Senin 28 - 29 April 2019.
Event bertaraf International ini menurut Kadispora dan Pariwisata Kab Kuningan Drs Jaka Chaerul, berthema"KUNINGAN MENUJU DESTINASI WISATA INTERNASIONAL" dengan tujuan mempromosikan obyek wisata Waduk Darma ke forum nasional dan international, dengan target menjadi daerah tujuan wisata, baik wisatawan domestik maupun mancanagara.
Untuk menambah semarak festival Angklung digelar Gowes wisata dengan tujuan memasyarakatkan olah-raga sepeda sehat seraya menikmati pesona alam seputar Waduk Darma juga mengenal dari dekat kearifan lokal masyarakat pedesaan, terang Jaka Chaerul diruang kerjanya Senin (22/4-2019).
Gowes Wisata dijadwalkan hari Minggu 28 April 2019 akan dihadiri Sekertaris Kemenpar Drs Ukus Kuswara MM/ Deputy Kementrian Pariwisata, Gubernur Jabar HM Ridwan Kamil, para pejabat Provinsi Jabar, Bupati/Wabup, Sekda di wilayah Kunci Bersama dan undangan lainnya.
Menurut Jaka Chaerul, gowes wisata ini akan diikuti ribuan peserta, dimulai pukul 08.00 -sampai Selesai, dengan route sbb : Start / Finish di Objek Wisata Waduk Darma.Peserta akan mengelilingi  desa-desa diseputar Waduk Darma sejauh 15 KM, antara lain melalui jalur desa Bakom, Darma, Parung, Cikupa, Kawahmanuk, Cipasung, desa Sukarasa, Sakerta barat, Sakerta timur, ds Jagara dan finish di OW Waduk Darma. 
Peserta gowes wisata selain menikmati panorama alam indah disekeliling obyek wisata Waduk Darma juga bisa menikmati 5 pos 'warung amal' gratis yang di-sediakan warga desa setempat disepanjang jalur route gowes.

Gowes wisata ini kata Djaka Chaerul, akan ditandai louching ''Go Day Friday" (gowes tiap hari Jumat pagi) yang di-gagas Sekda Kab Kuningan DR H Dian Rachmat Yanuar, sedangkan jumlah peserta di-target 5000 orang, ujarnya. 
Peserta gowes, tidak terbatas dari Kab Kuningan dan sekitarnya, tetapi dari wilayah 'Kunci Bersama' seperti Majalengka, Indramayu, Kota Cirebon, Brebes, Cilacap, Ciamis, Tasikmalaya dan sejumlah goweser di Jawa Barat seperti Sumedang, Subang, Karawang, Bandung dan Garut akan turut ambil bagian mengikuti gowes wisata tersebut, terang Jaka optimis.
Ketua ISSK Kuningan Jono menjelaskan, Pesertanya tidak hanya anggota Ikatan Sepeda Sehat Kuningan (ISSK), termasuk seluruh penggemar goweser sepeda, baik per-orangan maupun club sepeda, ujarnya.
Seluruh peserta gowes wisata akan mendapat kupon gratis pada hari H-nya di pos tertentu yang dilalui route gowes.
Bagi peserta yang beruntung disediakan hadiah/Doorprize 1 Umroh, 3 motor, 20 sepeda, 3 unit TV (32 in dan 24 in), tiga kulkas, 3 unit mesin cuci, voucher, dan  discount hotel bebintang di Kuningan  dan Puluhan hadiah menarik lainnya.
Sementara itu, kemeriahan pentas seni mewarnai giat Festival Angklung Inter-national, yang dihibur bintang tamu Rita Tila didukung Jei Angklung Bandung, D'callungs DJ Angklung Tengci DNR, perwakilan 9 negara dan mahasiswa STP Tri Sakti Jakarta, SMP Yos Sudarso Cigugur, dan Sanggar Seni Pojok Awi dari desa Wisata Cibuntu.
Sedangkan festival Angklung tingkat SD, SMP dan SMA sederajat digelar dua hari mulai Minggu 28 April 2019 pukul 13.00 dan Senin 29 April 2019 dilokasi stage out door sekaligus acara penutupan dan pembagian hadiah/ trophy  kepada para pemenang.
(H WAWAN YR)

Related Post

Comment