Kamu Termasuk Pecinta Drakor? ini Kebiasaan Unik Orang Korea yang Jarang Diketahui

Nada 23 4 19 K-Pop
Kamu Termasuk Pecinta Drakor? ini Kebiasaan Unik Orang Korea yang Jarang Diketahui

Terasjabar.id- Selain KPop, kuliner, dan serial dramanya, apa lagi yang kira-kira kamu tahu soal keunikan Korea Selatan? Ternyata, warga Korea Selatan memiliki banyak kebiasaan yang bisa dibilang unik dan jarang di-ekspose, lho. Seperti hal di bawah ini, kamu sudah pada tahu belum?

1. Percaya ramalan golongan darah

Hasil gambar untuk ramalan golongan darah

Orang Korea Selatan masih banyak yang percaya jika golongan darah juga menentukan karakter seseorang. Karenanya, golongan darah banyak menjadi acuan saat melakukan sesuatu, misalnya interview kerja hingga mencari pasangan.

2. Hadiah ulang tahun ke-16 berupa operasi lipatan mata

Hasil gambar untuk operasi kelopak mata korea

Anak remaja di Korea Selatan biasanya meminta hadiah berupa operasi lipatan mata pada ulang tahunnya yang ke-16. Mayoritas orang Korea Selatan memang memiliki mata monolid, selain makeup, cara yang paling banyak ditempuh agar mata terlihat lebih besar adalah dengan operasi kecantikan.

3. Infus untuk pohon

Bukan Oplas, Ini 7 Kebiasaan Unik Orang Korea yang Jarang Diketahui

Orang Korea Selatan memperlakukan pohon selayaknya manusia yang perlu dirawat dan dicintai. Infus pohon ini salah satu bukti cintanya. Kantung infus berisi cairan pupuk seringkali diberikan pada pohon untuk menambah nutrisi, agar tak dehidrasi selama musim panas.

4. Pria juga sering beli skincare dan alat makeup

Bukan Oplas, Ini 7 Kebiasaan Unik Orang Korea yang Jarang Diketahui

Siapa bilang hanya wanita yang perlu menjaga penampilan? Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan wajah bersinar, para pria di Korea Selatan juga melakukan perawatan. Data mencatat setiap bulannya pria di Korea akan menghabiskan uang sekitar Rp 400 ribu untuk membeli skincare atau alat makeup. Jadi jangan heran kenapa pria Korea Selatan tampak sangat bersih dan tampan.

5. Sangat memperhatikan gesture tubuh

Hasil gambar untuk menuang minuman ke gelas dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri memegang lengan kanan.


Tata krama sangat dijunjung tinggi di Korea Selatan, utamanya bagi anak muda ke orang yang lebih senior. Selain soal bahasa, manner juga berlaku terhadap gesture atau gerak tubuh. Misalnya saat minum bersama, orang yang lebih muda harus menuang minuman ke gelas dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri memegang lengan kanan.

6. Larangan menulis dengan tinta merah

Bukan Oplas, Ini 7 Kebiasaan Unik Orang Korea yang Jarang Diketahui

Menulis nama dengan tinta merah dianggap tabu di Korea Selatan, karena sama saja seperti mengharap musibah atau kematian datang terhadap seseorang. Baik namamu sendiri maupun nama orang lain.

7. Google bukan mesin pencarian yang populer

Hasil gambar untuk Google bukan mesin pencarian yang populer


Kalau kita kerap mencari informasi lewat mesin pencarian Google, hal serupa ternyata jarang dilakukan warga Korea Selatan. Mereka lebih sering melakukan mesin pencarian lewat Naver atau Daum, yakni mesin serupa buatan Negeri Gingseng. Mereka juga cenderung menggunakan Internet Explorer sebagai browser dibanding Google Chrome atau Mozilla Firefox seperti yang banyak kita akses di Indonesia.

8. Barang couple wajib dipakai para pasangan

Gambar terkait

Melihat pasangan yang sedang jalan-jalan memakai pakaian couple itu sudah biasa di Korea. Bahkan bukan hanya pakaian, mereka juga menggunakan aksesoris yang sama seperti gelang, kaus kaki, gantungan handphone dan sebagainya. Katanya sih ini merupakan cara mereka untuk menunjukan rasa cinta satu sama lain. Rasa-rasanya hal seperti ini jarang ditemukan di Indonesia ya?

9. Makan bersama dalam satu wadah dengan sendok masing-masing

Hasil gambar untuk 3. Makan bersama dalam satu wadah dengan sendok masing-masing korea selatan

Saat orang Korea sedang makan bersama-sama, nggak jarang mereka akan menggunakann sendok masing-masing untuk makan dari satu wadah yang sama. Biasanya hal ini terjadi saat mereka memakan ramyeon atau bibimbap dari wadah besar. Orang Korea juga suka memakai banyak wadah mulai dari piring hingga mangkok-mangkok kecil dalam sekali makan. Siap-siap cuci piring dalam jumlah besar nih.

10. Bersentuhan fisik dengan sesama jenis itu wajar

Ini Kebiasaan Unik Orang Korea Selatan yang Kerap Dianggap Aneh

Kalau di negara lain bersentuhan tangan sesama jenis mungkin akan dianggap aneh. Berbeda dengan di Korea Selatan, di sana bersentuhan sesama jenis dianggap hal yang wajar, istilah lainnya adalah skinship. Bahkan banyak loh member-member boyband yang suka cium pipi.

11. Wajib "slurup-slurup" saat makan mie

Gambar terkait

Ketika makan mie, entah mie goreng atau mie kuah, harus berbunyi “sluruuuup”. Konon katanya jika kita makan mie tanpa berbunyi menandakan bahwa makanan yang kita makan rasanya tidak enak. Duh, kalo di Indonesia mungkin malah dianggap tidak sopan ya.

12. Membungkuk 45 ° pada orang yang lebih tua 

kebiasaan orang korea selatan

Di Korea, salah satu cara untuk menghormati orang yang lebih tua atau yang memiliki jabatan lebih tinggi adalah dengan membungkukkan badan 45 derajat.


(Ng)

Related Post

Comment