Penculikan Ratusan Gadis Sekolah di Nigeria Hantui Keluarga

Malda 15 4 19 Hot News
Penculikan Ratusan Gadis Sekolah di Nigeria Hantui Keluarga

Terasjabar.id - Kota Chibok yang sepi di timur laut Nigeria telah menyambut lebih dari 100 siswi yang diculik oleh kelompok bersenjata Boko Haram lima tahun lalu. Dilansir dari Al Jazeera pada Minggu (14/4), kota ini menarik perhatian internasional setelah para militan Boko Haram dengan paksa menculik setidaknya 276 anak perempuan dari SMA khusus perempuan milik pemerintah di Kota Chibok. Insiden ini memicu kemarahan global dan menyerukan pembebasan mereka.

Pada menit-menit pertama kesengsaraan mereka, 57 gadis berhasil melompat dari truk tempat mereka diangkut, dan melarikan diri. Sedangkan 219 yang tersisa dibawa pergi oleh para militan Boko Haram.

Kampanye media sosial dengan tagar #BringBackOurGirls menjadi viral. Selebriti, pemimpin, dan aktivis di seluruh dunia bergabung dengan kampanye untuk membebaskan anak-anak sekolah yang diculik.

Selama bertahun-tahun, total 107 gadis telah ditemukan atau dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Nigeria dan kelompok bersenjata. “Pemerintah tidak lagi membicarakan gadis-gadis kami. Mereka bertindak seolah-olah mereka senang dengan apa yang terjadi pada kami,” Enock Mark yang kedua putrinya masih hilang.

Mark mengatakan, ia kehilangan harapan pada pemerintah untuk membantunya. “Mereka belum menunjukkan minat serius untuk memastikan bahwa putri kami ditemukan. Sepertinya itu dilakukan dengan sengaja. Mereka tidak peduli lagi dengan kami,” katanya seperti dilansir Al Jazeera.

Mark dan orang tua lain dari gadis-gadis yang hilang masih secara teratur melakukan perjalanan sulit hampir 900 km ke Ibu Kota Abuja. Mereka mencari informasi terbaru tentang anak perempuan mereka.

Jalan menuju Chibok sering menjadi sasaran serangan Boko Haram. Aparat keamanan tak berbuat banyak untuk melindungi penumpang. Kota itu juga diserang berulang kali oleh orang-orang bersenjata dengan gedung-gedung yang terbakar dan beberapa warga terbunuh.

(jawapos.com)

Related Post

Comment