3 Kesalahan Saat Keramas yang Jadi Penyebab Ketombe

Malda 15 4 19 Life Style
3 Kesalahan Saat Keramas yang Jadi Penyebab Ketombe

Terasjabar.id - Apa yang menjadi penyebab ketombe pada rambut? Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang umum dihadapi oleh wanita. Tak hanya mengganggu penampilan, ketombe membuat kulit kepala gatal hingga rambut rontok.

Menurut Ridwan Sonjaya, selaku Head of R&D Skincare and Haircare Wardah, asal mula ketombe adalah kulit kepala yang terlalu lembab. Ketombe disebabkan oleh jamur dan sebum yang berlebih.

"Setiap kepala kita itu ada jamurnya. Jamur itu memakan sebum yang ada di kepala kita, dan menghasilkan kotoran berupa ketombe. Jadi semakin banyak sebumnya, semakin besar kemungkinan munculnya ketombe," ungkap Ridwan kepada Wolipop di Research & Innovation Wardah, Tangerang, Senin (15/04/2019).

Sebum dan kotoran di kepala, tak hanya muncul secara alami. Namun, bisa muncul karena kebiasaan kita yang salah, terutama kebiasaan saat keramas. Ridwan menuturkan tiga kesalahan saat keramas yang bisa menyebabkan munculnya ketombe.

Kesalahan pertama adalah keramas yang terburu-buru. Cara keramas memegang peranan penting dalam mendapatkan rambut dan kulit kepala yang bersih. Ridwan menganjurkan kita untuk menggosok kulit kepala dengan halus dan menyeluruh, lalu memijatnya perlahan.

Kesalahan kedua adalah tidak bersih saat membilas rambut dan kulit kepala. Pembilasan rambut saat keramas juga harus optimal. Jika perlu, kita bisa membilas rambut dua kali atau double cleansing agar kulit kepala benar-benar bersih dan terbebas dari sisa sampo.

"Setiap sampo itu memiliki cleansing agent atau surfaktan, yaitu bahan aktif yang berfungsi membersihkan atau mengangkat sebum di kulit kepala. Semakin banyak surfaktan, semakin banyak busanya, tapi proses membersihkannya juga harus semakin optimal," ungkap Ridwan kepada Wolipop.

Kesalahan terakhir adalah menggosok rambut menggunakan handuk di kulit kepala dengan gerakan yang terlalu kencang dan keras. Hal ini kerap dilakukan oleh para wanita, dengan tujuan mengeringkan rambut secara cepat.

Mengeringkan rambut memang penting, tapi menggosok terlalu keras kulit kepala juga tidak baik. Kulit kepala bisa mengelupas, dan menghasilkan sebum lebih banyak. Ridwan lebih menganjurkan untuk menekan secara halus handuk di kepala dibandingkan menggosoknya.

(Detik.com)

Related Post

Comment