Advertisement

Tidak Sulit, Ini 7 Cara Efektif Menangkal Stres

Tidak Sulit, Ini 7 Cara Efektif Menangkal Stres
Editor: Admin B 0 —Selasa, 23 Oktober 2018 19:14 WIB

Terasjabar.id - STRES pasti menghampiri setiap orang dan perasaan tersebut bisa datang kapan saja dan di mana saja. Perasaan stres tersebut harus dilawan. Karena jika terlalu sering berdiam diri saat stres, dapat memicu otak untuk melakukan tindakan yang negatif.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk Anda dapat melawan rasa stres. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih. Dilansir Okezone dari The Guardian, Selasa (23/10/2018), inilah 7 cara efektif yang dapat menangkal rasa stres.


1. Mengenal penyebabnya

Stres pasti datang karena suatu masalah. Jika Anda merasa sedang stres, coba renungkan. Apa yang membuat Anda stres? Apakah itu pekerjaan, hubungan percintaan, atau hal lain. Anda harus mengenal penyebab masalah sendiri, agar bisa mencari solusinya.



2. Selalu menggerakkan tubuh

Stres tidak akan hilang jika Anda terus berdiam diri. Anda bisa membantu menjernihkan pikiran dengan melakukan beberapa gerakan kecil seperti yoga. Jangan memperparah kondisi pikiran yang sedang stres dengan minuman alkohol atau merokok. Hal ini malah akan memperburuk kondisi fisik dan mental Anda.

 

3. Curhat dengan teman

Hilangkan rasa malu saat stres. Jika Anda memendam perasaan tersebut terus-menerus, hal itu malah akan menambah pikiran. Cobalah untuk menceritakan apa yang sebenarnya terjadi pada teman atau kerabat dekat Anda. Mereka akan memberikan jalan keluar terbaik untuk memecahkan masalah Anda.

4. Simpan handphone

Kalau biasanya Anda menggunakan handphone setiap hari tanpa henti. Kini, Anda harus menjauhkannya. Taruh handphone di laci minimal satu jam sebelum Anda tidur. Abaikan apapun yang berhubungan dengan handphone. Lakukan hal positif seperti menonton film motivasi atau membaca buku dan novel.

 

5. Lakukan meditasi

Telah banyak yang tahu jika meditasi dapat mengurangi stres. Meditasi adalah latihan untuk menyelaraskan tubuh dan pikiran yang telah ada sejak zaman dahulu. Dengan meditasi, Anda bisa mengatasi ketakutan, kelelahan, stres dan kekecewaan.

6. Buat daftar kegiatan sehari-hari

Terlalu banyak kegiatan yang tidak dapat diselesaikan dapat membuat Anda stres dan banyak pikiran. Untuk membantu mengurangi stres, Anda bisa membuat daftar kegiatan sehari-hari. Mulai dari hal penting hingga hal-hal kecil kegiatan Anda.

 

7. Konsumsi makanan sehat dan minum air putih

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa apa yang Anda makan dapat memengaruhi suasana hati. Junk food merupakan makanan yang tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan, untuk itu konsumsilah makanan yang kaya akan serat, karbohidrat, buah-buahan dan sayuran. Selain junk food, cobalah untuk menghindari lemak tinggi, kafein dan gula.

(Ren/Sumber:Okezone.com)

Stres Buah Menagkal


Related Post



Loading...