Apakah Cardio Jadi Cara Yang Efektif Untuk Membentuk Tubuh? Ini Faktanya Guys

S.N.A 19 3 19 Teras Health
Apakah Cardio Jadi Cara Yang Efektif Untuk Membentuk Tubuh? Ini Faktanya Guys

Terasjabar.id - Cardio itu berasal dari kata Cardiovascular, dan istilah ini berhubungan dengan 2 hal yaitu Jantung dan Pembuluh darah.

Cara kerja Cardiovascular System yaitu jantung memompa darah, terus membiarkan darah mengalir keseluruh tubuh (bawa nutrisi) lewat arteri ke semua bagian yang bisa dilewati, termasuk otot.

Tujuan Cardio adalah tentu untuk membakar lemak, meningkat stamina, dan kesehatan jantung.

Semua jenis olahraga termasuk Cardio seperti: jogging, tennis, bulu tangkis, basket, renang dan sebagainya.

Cara Latihan Cardio Yang Efektif :

1. KONSISTENSI

Lakukan cardio selama 3-4 x dalam seminggu. Bila kamu tidak bisa konsisten mending tidak usah di lakukan dari awal. Usahakan 1 minggu itu setidaknya 2 jam bila di total.

Contohnya, kalau kamu seminggu 4x tandanya setiap kali datang 30 menit ya.

2. Durasi

Durasi yang baik untuk cardio adalah di atas 20 menit. Karena riset studi membuktikan badan kita memerlukan waktu 10-15 menit untuk sadar bahwa kita sedang berolahraga!

3. TIMING 

Setiap orang mempunyai sistem tubuh yang berbeda, bila anda morning person, pilihlah cardio di pagi hari saat perut kosong.

Kenapa perut kosong? Karena saat baru bangun tubuh kita telah berpuasa hingga 8 jam tanpa asupan apapun hingga saat Cardio.

Lemak kita akan di gunakan sebagai energi utama.

Kalau kamu makan buah dulu misalnya, energinya nanti di ambil dari buah!

4. INTENSITAS

Tentu saat Cardio ada dua intensitas rendah / tinggi.

Intensitas tinggi di kenal dengan HIIT ( High Intensity Interval Training) metode ini sangat populer.

Cara kerja metode ini simple, kamu berlari dengan cepat selama 30 detik lalu berjalan kaki selama 60 detik misalnya dan di ulang selama berkali-kali.

Karena intensitas yang tinggi sangat di sarankan HIIT hanya di lakukan selama 15-20 menit. Dengan 5 menit pertama sebagai pemanasan (berjalan cepat).

Intensitas rendah / sedang , Cardio ini di lakukan secara stabil misalnya di treadmill dengan speed 6 selama 40 – 60 menit.

Pertanyaan semua orang sama, Lalu intensitas tinggi atau rendah mana yang lebih baik?

Jawabannya sama saja.

Di sisi lain HIIT dapat meningkat hormon endorphine lebih tinggi. Karena itu banyak yang setelah berolahraga moodnya jadi lebih bagus kan?

Endorphine adalah hormon kebahagiaan kurang lebih begitu.

Namun kelemahan dari HIIT adalah BOSAN. Karena kita hanya terus memandangi jam di treadmill.

5. SESUDAH ATAU SEBELUM MAKAN?

Tentu sesudah makan, biasanya latihan 60 – 90 menit setelah makan.

6. KELAS – KELAS CARDIO

Kelas – kelas yang ada di gym juga termasuk cardio, seperti RPM, Body Combat, Zumba, Muaythai dan sebagainya. BIla kamu bosan cardio biasa boleh di ganti dengan kelas – kelas. Biar kamu konsisten dan tidak bosan !

KELEMAHAN CARDIO

  1. CARDIO TIDAK BISA MENGALAHKAN POLA MAKAN : 20 menit di cardio itu sangatlah lama berasa 2 jam. 20 menit bakar 200 kalori ,  1 donat aja udah 200 kalori 2 menit abis.
  2. BADAN GAMPANG BERADAPTASI DENGAN CARDIO :  Awalnya cardio sangatlah efektif tapi lama kelamaan badan kita yang pintar ini akan beradaptasi dan pembakar pun tidak efisien lagi. KARENA ITU CARDIO KAMU HARUS BERVARIASI. kadang rendah intensitas, kadang tinggi intensitas, kadang kelas – kelas
  3. CARDIO BISA MEMBAKAR MASSA OTOT: cardio yang terlalu bisa menurunkan massa otot karena itu banyak orang bilang cardio jangan lama lama. Maximal 1 jam bila rendah intensitas, dan 20 menit bila tinggi intensitas.

(SR)

Related Post

Comment