Advertisement

Bandara Husein Sastranegara Bandung Masih Potensial

Bandara Husein Sastranegara Bandung Masih Potensial
Editor: S.N.A Teras Bandung —Kamis, 28 Februari 2019 15:03 WIB

Terasjabar.id - Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap agar Bandara Husein Sastranegara masih bisa melayani penerbangan komersial. Sebagai kota yang mengandalkan sektor wisata, Bandung menjadikan Husein Sastranegara sebagai gerbang utama wisatawan asing.

Sebelumnya muncul wacana pengalihan layanan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati. Meskipun mendukung upaya mempertahankan pengoperasian Bandara Husein, Oded juga menunggu perkembangan informasi dari pemerintah pusat.

"Itu kan kebijakan (pemerintah) pusat karena Angkasa Pura itu BUMN. Namun, kalau secara fungsi dan manfaat, saya masih berharap (Bandara Husein) beroperasi,” kata Oded, Rabu. 27 Februari 2019 siang.

Menurut Oded, pengoperasian Bandara Kertajati hanya bisa optimal jika jalan tol Cisumdawu sudah bisa digunakan. Tol tersebut menyediakan akses nyaman dari Bandung ke bandara dan sebaliknya.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman juga meyakini masih potensialnya Bandara Husein untuk melayani penerbangan komersial. Bandara ini dapat menyokong program pengembangan pariwisata di Bandung dan sekitarnya.

"Kami juga sudah ada kerja sama dengan Disbudpar Kota Bandung untuk meningkatkan daya tarik penumpang, wisatawan asing khususnya untuk datang ke Bandung melalui Husein,” katanya.

Pada awal Desember 2018, maskapai Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan rute Bandung-Singapura. Layanan baru itu diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisman secara signifikan.

Pertemuan Oded dan Andika juga membahas kerja sama sewa lahan milik pemkot di Kiaracondong. Di sana, PT Angkasa Pura II bakal mengoperasikan gudang dan menara navigasi pesawat. 
Mereka butuh lahan seluas 476 meter persegi.

Oded menyatakan, pemkot akan memanfaatkan kelebihan lahan yang tidak digunakan PT Angkasa Pura II untuk membangun fasilitas kewilayahan. Ia merencanakan pembangunan kantor kecamatan, Polsek, dan Koramil Kiaracondong. Ketiga kantor tersebut saat ini ada di lokasi yang sulit dijangkau warga.

(pikiran rakyat)

Bandara Husein Sastranegara Bandung Masih Potensial


Related Post


 


Loading...