Lubang Besar Misterius Tiba-Tiba Muncul Tengah Sungai, Kenapa Ya?

S.N.A 11 2 19 Hot News
Lubang Besar Misterius  Tiba-Tiba Muncul Tengah Sungai, Kenapa Ya?

Terasjabar.id - Lubang dengan ukuran sekitar 4x3 meter muncul di tengah aliran Sungai Kuning di Dusun Sambirejo, Selomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari Minggu (10/2).

Dalam video yang diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, lubang itu terletak di antara jembatan dan bendungan Sambirejo. Hal ini diduga terjadi karena hujan deras yang menyebabkan debit air lebih tinggi dan menggerus dasar sungai.

"Munculnya lubang besar tersebut kemungkinan karena hujan lalu ada aliran air deras yang membawa material pasir. Karena pintu air tertutup akhirnya mencari jalan dan menggerus dasar sungai," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman Achmad Subhan, dilansir dari Brilio.

Untuk solusi sementara, DPUKP Sleman menggunakan 2 eskavator untuk melakukan normalisasi dan membuka pintu air. Tujuannya, supaya aliran air lebih lancar dan tidak masuk ke lubang. Rencananya, pada hari ini lubang akan ditutup secara permanen.

Namun, untuk sementara belum ada dampak signifikan dari lubang ini terhadap konstruksi jembatan maupun bendungan di sekitarnya. Sementara itu, Kepala Dusun Sambirejo Giyanto mengatakan ini bukanlah kali pertama.

Dulu pernah juga muncul lubang di dasar sungai tapi sudah ditangani oleh warga secara gotong royong. Tapi, kemarin tanggul buatan warga tidak bisa menahan debit air sehingga akhirnya jebol lagi. Ia membantah bahwa munculnya lubang tersebut karena kegiatan penambangan pasir di sungai itu.

 

(indozone.id)

Related Post

Comment