Advertisement

Ekonom UI: Potensi Kenaikan Tarif Ojek Online Capai 100 Persen

S.N.A 11 2 19 Hot News
Ekonom UI: Potensi Kenaikan Tarif Ojek Online Capai 100 Persen

Terasjabar.id - Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan tengah menyusun regulasi ojek online (ojol). Termasuk di dalamnya akan diatur besaran tarif untuk ojol.

Ekonom Universitas Indonesia (UI), Fithra Faisal menyebutkan, pemerintah tidak boleh asal menetapkan tarif ojol. Besaran kenaikan ojol harus ditentukan berdasarkan hasil kajian yang solid.

"Tarif naik tidak masalah, asalkan sudah dikaji," kata Fithra sata ditemui di Kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Fithra mengungkapkan, saat ini ada kecenderungan tarif ojol akan naik 100 persen. Artinya tarif tersebut naik dua kali lipat dibanding sebelumnya.

Sebelum menetapkan besaran tarif, pemerintah diminta untuk memperhatikan kemampuan daya beli masyarakat terutama pengguna ojek online yang mayoritas merupakan masyarakat dengan kelompok pendapatan menengah ke bawah.

"Ini potensi kenaikan tarifnya bisa sampai 100 persen, padahal kita harus kemudian pada awalnya menduga kemampuan membayar konsumen itu di level apa. Nah itu harus ditentukan dulu dan berdasarkan kajian yang solid," ujar dia.

Dia menambahkan, saat ini pemerintah belum mengkaji mengenai hal tersebut. "Sementara ini kalau kita lihat yang ini potensi kenaikannya sepertinya tidak ada riset terlebih dahulu," dia menambahkan.

(Liputan6.com)

Related Post

Comment