Wali Kota Bandung Minta Aparat Waspadai Bencana di Perbatasan Kota

Sfarahita 11 2 19 Hot News
Wali Kota Bandung Minta Aparat Waspadai Bencana di Perbatasan Kota

Terasjabar.id - Lokasi tanggul jebol di Kompleks Jatiendah Regency, Dusun Pasirjati, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, berbatasan dengan Kota Bandung. Hanya terpisah oleh jalan raya yang berada di bawahnya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial turut prihatin terhadap kejadian tersebut. Pasca kejadian ia meminta aparat kewilayahan setempat untuk memberikan bantuan.

"Begitu terjadi musibah di Cilengkrang, saya langsung koordinasi dengan dinas terkait, lurah dan kewilayahan. Saya langsung mita mereka cepat tanggap," ujar Oded di Pendopo Kota Bandung, Senin (11/2/2019).


Untuk mengantisipasi hal serupa terjadi di wilayahnya, Oded langsung menginstruksikan Tim Gorong-gorong Bersih (Gober) untuk mengecek kondisi yang ada di Kota Bandung terutama di batas kota.

"Ada beberapa wilayah di perbatasan yang rawan bencana. Untuk itu, saya minta kepada pihak terkait berkoordinasi antar lini di Bandung Raya," katanya.

Dalam kesempatan itu Oded mengimbau warga untuk tetap waspada terlebih kini Kota Bandung masih akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Selain waspada, Oded juga meminta warga untuk menjaga lingkungan masing-masing terlebih soal sampah yang kerap menjadi biang banjir di Kota Bandung.

"Mang Oded berharap warga sing bararageur, tidak ada lagi yang buang sampah di sungai. Karena salah satu penyebab banjir itu adalah sampah yang dibuang sembarangan dan akhirnya terjadi penyumbatan," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan pasca kejadian ia langsung menerjunkan Tim Gober dan Unit Reaksi Cepat (URC) untuk melakukan penanganan. Sebab imbas tanggul jebol juga sampai ke Ujungberung, Kota Bandung.

Menurut Arif dari hasil penelusuran tim di lapangan belum ditemukan kerusakan infrastruktur. Hanya saja terjadi genangan dan endapan lumpur di beberapa titik pasca kejadian.

"Kalau infrastruktur alhamdullilah tidak ada yang rusak. Tapi kita tetap akan pastikan lagi. Kami selalu siap 24 jam untuk melakukan penanganan terutama Tim Gober dan URC," ujar Arif.


(Sumber:Detik.com)

Related Post

Comment