Advertisement

Waspada Penyakit Menular Seksual yang Jadi Ancaman Baru

Nada 9 2 19 Teras Health
Waspada Penyakit Menular Seksual yang Jadi Ancaman Baru

Terasjabar.id-  Ancaman penyakit bisa datang dari mana saja, termasuk penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual atau dikenal juga dengan penyakit kelamin merupakan infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit. Beberapa penyakit menular seksual yang umum dijumpai di antaranya virus Papiloma yang menyebabkan kanker serviks, herpes kelamin, infeksi klamidia, kencing nanah, AIDS, dan sifilis.

Selain itu terdapat beberapa jenis penyakit menular seksual lainnya yang dapat menjadi ancaman baru bagi kesehatan manusia.

1. Mycoplasma genitalium (MG)
MG merupakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit menular seksual. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual dengan orang yang memilikinya. Dikutip dari situs kesehatan Web MD, penelitian terbaru menunjukkan lebih dari satu dari seratus orang dewasa memilikinya.

Pada pria, MG ditandai dengan keluar air dari penis serta rasa terbakar, menyengat, atau sakit saat buang air kecil. Sedangkan pada wanita, gejala dapat berupa keluar air dari vagina, sakit saat berhubungan seksual, pendarahan saat berhubungan seksual, sakit ketika menstruasi, dan sakit di area sekitar bawah panggul dan pusar.

MG dapat menyebabkan komplikasi berupa iritasi uretra,  sulit hamil, dan serviks yang meradang. 

2. Meningokokus
Meningokokus merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis. Dikutip dari CDC, Meningokokus disebarkan melalui kontak dekat, seperti mencium atau berhubungan dengan orang yang terinfeksi. 

Gejala penyakit meningokokus dapat bervariasi berdasarkan pada jenis penyakit yang berkembang. Gejala paling umum meliputi demam mendadak, sakit kepala, dan leher kaku. Gejala lain dapat berupa mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, dan kebingungan.

3. Shigella flexneri 
Infeksi shigella adalah penyakit usus yang disebabkan oleh bakteri Shigella. Tanda utama infeksi Shigella adalah diare yang sering berdarah.

Shigella dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan bakteri di tinja. Bakteri Shigella juga dapat ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi atau minum atau berenang di air yang terkontaminasi.

Dikutip dari Mayo Clinic, gejala shigella muncul satu atau dua hari setelah kontak dengan bakteri. Gejala yang timbul seperti diare mengandung darah atau lendir, nyeri perut atau kram, dan demam. Pria yang berhubungan seksual dengan pria berisiko lebih tinggi terkenal penyakit ini lewat kontak oral-anal langsung atau tidak langsung.

4. Lymphogranuloma venereum (LGV) 
LGV disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Insiden LGV meningkat di negara maju  dalam 10 tahun terakhir terutama pada pria yang berhubungan seksual dengan pria.

Dikutip dari SA Health, LGV ditandai dengan munculnya lesi, luka atau pembengkakan pada area kelamin lalu menyerang limpa. Kadang muncul pendarahan dan nyeri pada rektum, serta diikuti infeksi

(CNN)

Related Post

Comment