Advertisement

Waspada Jambret di Lokasi Foto Bareng Cosplay Alun-alun Kota Bandung

Waspada Jambret di Lokasi Foto Bareng Cosplay Alun-alun Kota Bandung
Editor: Malda Teras Bandung —Sabtu, 9 Februari 2019 08:50 WIB

Terasjabar.id - Berhati-hatilah saat melakukan swafoto di kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung‎. Karena baru saja pihak kepolisian menangkap pelaku penjambretan alat-alat swafoto baik kamera maupun ponsel pintar di lokasi tersebut.

Adalah T (19) dan A (15) pelaku penjambretan belasan kali di lokasi tersebut. Meski demikian para pelaku ini melakukan aksinya di atas pukul 23.00 WIB saat keadaan lokasi sudah mulai sedikit sepi.

"Kami lakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku pada Minggu 3 Februari lalu sekira pukul 03.30 WIB‎. Pelaku ini sudah kami pantau sejak lama, karena banyaknya laporan penjambretan di lokasi tersebut," kata Wakasatreskrim Polrestabes Bandung, Komisaris Suparma pada Jumat 8 Februari 2019. Tepatnya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung.

Pelaku penjambretan ini sebenarnya diotaki oleh A yang masih di bawah umur tetapi karena usianya tersebut A diamankan di lapas anak. "Sementara T bertugas hanya sebagai sopir yang menjalankan motor sekencang-kencangnya setelah menjambret," ujar Suparma.

A pun ternyata lanjut Suparma merupakan residivis di usianya yang sangat muda itu. Sehingga kepolisian dengan mudah menangkap A karena sebelumnya A pun dipenjara atas kasus serupa. Kasusnya seperti diketahui yaitu penjambretan alat-alat swafoto di Jalan Asia Afrika.

"Yang luar biasa adalah hanya dalam jeda waktu selama 9 hari yaitu sejak 20 Februari hingga 29 Februari 2019, dua orang pelaku ini telah melakukan 15 kali penjambretan. Meski demikian jumlah tersebut bisa bertambah karena mungkin ada juga korban penjambretan yang tidak melapor,"‎ ucapnya.`

‎Para korban ini lanjut Suparma biasanya terjambret saat berswafoto dengan figur-figur di lokasi tersebut. Seperti diketahui di lokasi ini banyak terdapat warga yang mencari nafkah menjadi cosplay. Baik sebagai hantu, robot atau tokoh-tokoh anime Jepang.

Pada saat penangkapan dari kedua pelaku pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti. Barang bukti yang diamankan adalah sebuah kamera jenis Canon Eos 700 D yang belum sempat dijual. Selain itu sebuah motor untuk kabur jenis Honda Sonic Nopol D 4183 OC juga turut diamankan.

"Bagi masyarakat yang merasa pernah dijambret ‎di Jalan Asia Afrika dan kehilangan kamera tersebut bisa hubungi Satreskrim Polrestabes Bandung. Sementara barang-barang yang sudah dijual oleh para pelaku hasil penjambretan masih dalam tahap penyelidikan," ucapnya.

Akibat perbuatannya tersebut pelaku T dipastikan dijerat Pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukumannya adalah penjara di atas 7 tahun. Sementara pelaku A karena masih di bawah umur maka hukumannya pun setengah dari orang dewasa. Diperkirakan adalah penjara sekitar 3.5 tahun.

Oleh karena itu Suparma pun berharap, masyarakat yang mengunjungi wisata swafoto yang ada di Jalan Asia Afrika agar berhati-hati. "Kalau bisa jangan malam-malam swafoto di lokasi, dan jangan juga berswafoto terlalu dekat ke jalan utama. Hal ini agar penjambretan bisa dihindari," ucapnya.

(Tika/Sumber:PikiranRakyat)

Waspada Jambret Lokasi Foto Bareng Cosplay Alun-alun Kota Bandung


Related Post



Loading...