Politik Uang Jadi Kekhawatiran Utama di Pemilu 2019

Rostika 2 2 19 Politik
Politik Uang Jadi Kekhawatiran Utama di Pemilu 2019

Terasjabar.id - Survey atas persepsi masyarakat menunjukkan bahwa praktik politik uang menjadi kekhawatiran utama dalam Pemilu 2019. Sebagian pihak menganggap praktik politik uang masih mengancam, terutama bila melihat laporan dana kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden saat ini.

Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) bersama Founding Father House (FFH) melakukan riset terhadap 300 mahasiswa yang tersebar di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat pada periode Desember 2018. Hasilnya menunjukkan bila politik uang menjadi kekhawatiran responden yang paling besar dibandingkan isu suku, agama dan ras.

Sebanyak 34% responden di Jawa Barat setidaknya menganggap politik uang mengancam Pemilu 2019. Sementara di Banten sebanyak 37% responden menilai politik uang menjadi ancaman pemilu dan di DKI Jakarta sebanyak 52%.

Peneliti senior FFH Dian Permata menilai, politik uang selalu muncul dalam setiap tahap pemilu. Persoalan klasik yang tak kunjung diselesaikan mengenai persoalan politik uang ini adalah mengenai mitigasinya. 

“Harus mencari model baru (mitigasi). Pencegahan seharusnya tidak sebatas di forum-forum, tapi tangkap tangan,” katanya seusai ekspos riset di Kementerian Dalam Negeri, Jumat 1 Februari 2019.

Ia juga menyoroti respons masyarakat terhadap politik ini. Ada kalangan masyarakat yang menerima uang namun memiliki pilihannya sendiri terkait calonnya dalam Pemilu. Namun ada juga yang memilih calon tergantung siapa pemberi terbanyak. “Persoalan adalah bagaimana mengatasi kalangan masyarakat yang disebutkan terakhir,” ujarnya.

(PikiranRakyat)

Related Post

Comment